Jumat 02 Apr 2021 20:09 WIB

Hodgson Pahami Kesulitan Southgate Jelang Euro 2020

Southgate akan menentukan skuad Inggris berisi 23 pemain untuk Euro 2020.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah
Pelatih timnas Inggris Gareth Southgate.
Foto: AP/Ben Stansall/POOL AFP
Pelatih timnas Inggris Gareth Southgate.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Mantan pelatih timnas Inggris Roy Hodgson menilai Gareth Southgate menghadapi tantangan besar dalam memilih 23 pemain yang bakal membela the Three Lions pada putaran final Euro 2020, Juni-Juli mendatang. Hodgson memiliki sejumlah saran buat Southgate dalam menyusun skuad Inggris di Piala Eropa 2020. Menurut pelatih berusia 73 tahun itu, hal tersulit adalah menghadapi potensi kekecewaan yang dialami pemain yang tidak terpilih.

"Terkadang, Anda harus menyampaikan keputusan berat tersebut pada pemain yang sebenarnya tampil cukup apik sepanjang babak kualifikasi. Ini bukanlah tugas yang mudah," tutur Hodgson seperti dilansir Evening Standard, Jumat (2/4). 

Baca Juga

Sosok yang membawa Inggris tampil di tiga putaran final kompetisi bergengsi selama menukangi Inggris pada 2012 hingga 2016 itu juga menyebut, pelatih timnas Inggris mesti bisa menemukan keseimbangan yang tepat di setiap posisi bermain. Namun, Hodgson menilai, jauh lebih mudah untuk menghiraukan berbagai kritik terkait pemilihan pemain di skuad timnas. 

"Pada dasarnya, seorang pelatih sudah tahu apa yang dia inginkan dan bagaimana tim yang ditanganinya tampil. Begitu pula dengan karakter pemain yang Anda inginkan untuk mengisi posisi tertentu," kata eks pelatih Liverpool tersebut. 

Kemunculan sejumlah pemain muda seperti Mason Mount, Phil Foden, dan Dominic Calvert-Lewin, yang terbukti mampu tampil impresif bersama klubnya masing-masing, membuat Southgate memiliki tugas berat dalam menyusun skuad timnas Inggris. Pelatih berusia 50 tahun itu diharapkan sudah mengumumkan skuad Inggris untuk Euro 2020/Euro 2021 pada 23 Mei mendatang atau sepekan setelah Liga Primer Inggris musim ini berakhir. 

Hodgson cukup yakin Southgate bisa memilih pemain yang tepat untuk bisa membawa the Three Lions meraih prestasi di putaran final Piala Eropa 2020. Hodgson pun merujuk pada keberhasilan Southgate membawa Inggris meraih kemenangan dalam empat laga terakhir di semua ajang, termasuk tiga laga awal babak kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa. "Dia akan memilih pemain yang tepat di tim tersebut, karena sejauh ini, dia terbukti mampu melakukannya," ujar Hodgson. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement