Rabu 07 Apr 2021 16:23 WIB

Rel Kereta Cepat Jakarta-Bandung Diangkut ke Depo Tegalluar

Batang-batang rel yang akan digunakan tersebut didatangkan dari China. 

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Agus Yulianto
Foto udara konstruksi untuk jalur kereta cepat Jakarta-Bandung di samping Jalan Tol Purbaleunyi di Pasir Koja, Bandung Jawa Barat, Ahad (17/1/2021). Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan, proyek kereta cepat Jakarta-Bandung yang ditargetkan rampung pada 2022 mendatang diharapkan mampu memberikan dampak positif bagi perekonomian dan kemajuan bangsa serta menjadi titik lain dari modernisasi transport publik di Indonesia.
Foto: RAISAN AL FARISI/ANTARA
Foto udara konstruksi untuk jalur kereta cepat Jakarta-Bandung di samping Jalan Tol Purbaleunyi di Pasir Koja, Bandung Jawa Barat, Ahad (17/1/2021). Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan, proyek kereta cepat Jakarta-Bandung yang ditargetkan rampung pada 2022 mendatang diharapkan mampu memberikan dampak positif bagi perekonomian dan kemajuan bangsa serta menjadi titik lain dari modernisasi transport publik di Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kereta Api (KA) perdana angkutan rel untuk kereta cepat Jakarta-Bandung (KCJB) diberangkatkan dari Stasiun Cilacap Pelabuhan ke Depo Kereta Cepat Tegalluar hari ini (7/4). Pengoperasian KA angkutan rel tersebut atas kerja sama PT Kereta Cepat Indonesia-Cina, PT Kereta Api Indonesia (Persero)dan Sinohydro.

GM Material Equipment KCIC Jarot Ari Wibowo mengatakan, KA angkutan rel tersebut mengangkut batang-batang rel yang akan digunakan di sepanjang trase Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB). “Penggunaan batang rel 50 meter ini akan menjadikan lintasan kereta cepat minim sambungan sehingga mendukung peningkatan keamanan dari perjalanan KCJB,” kata Jarot dalam pernyataan tertulisnya, Rabu (7/4). 

Jarot nengatakan, rel yang diangkut adalah rel dengan standar UIC 60 atau R60. Rel tersebut memiliki berat 60 kilogram per satu meter sepanjang 50 meter tanpa sambungan.

Dia menuturkan, batang-batang rel yang akan digunakan tersebut didatangkan dari China menuju Pelabuhan Tanjung Intan Selatan Cilacap. Kemudian dimuat ke atas kereta angkutan untuk kemudian diberangkatkan ke Stasiun Rancaekek. Setelah itu rel dibongkar di Depo Tegalluar, Rancaekek.