Senin 12 Apr 2021 18:05 WIB

Nomadland Bawa Pulang Empat Piala BAFTA

'Nomadland' raih kategori film dan sutradara terbaik.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
'Nomadland' raih kategori film dan sutradara terbaik.
Foto: Wikimedia
'Nomadland' raih kategori film dan sutradara terbaik.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Film "Nomadland" berhasil memborong piala di anugerah BAFTA Inggris pada Ahad. Drama tentang pencarian jati diri tersebut dinobatkan sebagai film terbaik, sutradara terbaik untuk Chloe Zhao, pemeran utama terbaik untuk Frances McDormand, dan sinematografi terbaik.

Ajang penghargaan untuk insan perfilman dan TV Inggris itu diadakan selama dua malam, digelar secara langsung dengan peserta terbatas dan virtual, mengingat pandemi COVID-19 masih menghantui.

Baca Juga

“Kami ingin mendedikasikan penghargaan ini untuk komunitas nomaden yang dengan baik hati menyambut kami dalam hidup mereka,” kata Zhao, yang memenangkan kategori sutradara, dalam pidato penerimaannya.

“Terima kasih telah menunjukkan kepada kami bahwa menjadi tua adalah bagian indah dari hidup, sebuah perjalanan yang harus kita hargai dan rayakan," tambah dia seperti dilansir dari Reuters pada Senin (12/4).

"Nomadland" bercerita tentang seorang janda (Frances McDormand) yang mengalami depresi sehingga memutuskan untuk mengubah mobil van miliknya menjadi rumah. Ia lalu mengembara, dan mengambil pekerjaan part time sepanjang perjalanannya.

Akademi juga memberikan penghormatan kepada Pangeran Philip, suami Ratu Elizabeth, yang meninggal pada hari Jumat pada usia 99. Philip diangkat sebagai presiden pertama BAFTA pada tahun 1959. Cucunya Pangeran William adalah presiden BAFTA saat ini.

Menyusul protes tahun lalu ketika nominasi BAFTA didominasi sineas kulit putih, tahun ini lebih dari setengah nominasi adalah aktor kulit berwarna. Veteran film Anthony Hopkins memenangkan kategori aktor utama karena memerankan seorang pria dengan demensia dalam "The Father".

"Saya berada pada usia di mana saya tidak pernah berharap mendapatkan ini," kata pria 83 tahun itu kepada wartawan tentang penghargaan itu, menambahkan usianya telah membuat film itu "mudah".

Youn Yuh-jung memenangkan aktris pendukung untuk "Minari", di mana dia berperan sebagai seorang nenek yang melakukan perjalanan dari Korea Selatan ke Amerika Serikat untuk merawat cucu-cucunya.

Sutradara "Brokeback Mountain" dan "Life of Pi" Ang Lee juga menerima BAFTA Fellowship, penghargaan tertinggi akademi, atas kontribusinya pada film.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement