Selasa 13 Apr 2021 04:49 WIB

Jateng Sediakan Vaksinasi Covid-19 Malam Hari Saat Ramadhan

Vaksinasi Covid-19 di Jateng diprioritaskan untuk lansia

Red: Nur Aini
Vaksinator mempersiapkan vaksin COVID-19 sebelum diberikan kepada warga (ilustrasi).
Foto: Prayogi/Republika
Vaksinator mempersiapkan vaksin COVID-19 sebelum diberikan kepada warga (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menyediakan layanan penyuntikan vaksin Covid-19 pada malam hari saat Bulan Suci Ramadhan dengan prioritas penerima kalangan lanjut usia.

"Akan ada pelayanan (vaksinasi Covid-19) khusus malam, tak semua rumah sakit atau puskesmas, tetap di tempat fasilitas kesehatan juga. Di satu kabupaten kita sediakan satu atau dua tempat saja," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah Yulianto Prabowo di Semarang, Senin (12/4).

Baca Juga

Ia menjelaskan bahwa sesuai dengan fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) penyuntikan vaksin bisa dilakukan siang atau malam hari selama Ramadhan, tetapi pihaknya tetap menyediakan layanan khusus, ketika seorang muslim tidak bisa divaksin pada siang hari.

"Kalau menurut MUI itu yang saya baca ya fatwanya itu, bahwa pada prinsipnya tidak membatalkan puasa. Vaksin yang disuntikkan ya lewat intramuskuler bukan tetes, jadi, menurut fatwa tersebut boleh," ujarnya.

Menurut dia, kecepatan proses vaksinasi bergantung pada pengiriman vaksinasi oleh pemerintah pusat dan saat ini stok vaksin di gudang Dinkes Jateng tersedia terbatas.

"Tergantung (stok) vaksinnya, kan saat ini sangat terbatas, kalau banyak ya kita gas pol, kalau terbatas ya menyesuaikan yang ada. Ini di gudang stok hanya sedikit sekali untuk ganti kalau yang didistribusikan pecah atau rusak. Belum ada (komitmen) akan kirim (vaksin) berapa," katanya.

Dinkes Jateng juga telah menyusun mekanisme vaksinasi yakni dilakukan seperti biasa dari pagi hingga sore hari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement