Senin 12 Apr 2021 22:46 WIB

Benarkah Tuduhan Alquran Berasal dari Yahudi dan Kristen?

Alquran diturunkan kepada Rasulullah SAW secara orisinil dan haq

Rep: Rossi Handayani/ Red: Nashih Nashrullah
Alquran diturunkan kepada Rasulullah SAW secara orisinil dan haq. Alquran (ilustrasi)
Foto: ANTARA
Alquran diturunkan kepada Rasulullah SAW secara orisinil dan haq. Alquran (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Terdapat seorang penanya yang bertanya terkait orang-orang dari Yahudi dan Kristen menyatakan Alquran berasal dari mereka. Penanya tersebut ingin menghilangkan keraguan perihal hal tersebut.

Pertanyaan tersebut pun langsung dijawab lewat laman Islamweb, disebutkan bahwa kecurigaan akan hal tersebut tidak akan memengaruhi seseorang dengan pikiran yang luas dan sehat. Tidak ada satu ayat Alquran pun yang berasal dari Ahlul Kitab.

Baca Juga

Bahkan semenjak dahulu mereka telah menyangkal wahyu dari Allah Ta'ala. Maka tidak perlu menyibukkan diri untuk menanggapi mereka. Adapun buktinya, ini sudah ada dari sebelumnya, seperti yang tertera dalam surat Alquran: 

وَلَقَدْ نَعْلَمُ اَنَّهُمْ يَقُوْلُوْنَ اِنَّمَا يُعَلِّمُهٗ بَشَرٌۗ لِسَانُ الَّذِيْ يُلْحِدُوْنَ اِلَيْهِ اَعْجَمِيٌّ وَّهٰذَا لِسَانٌ عَرَبِيٌّ مُّبِيْنٌ "Dan sesungguhnya Kami mengetahui bahwa mereka berkata, "Sesungguhnya Alquran itu hanya diajarkan seorang manusia kepadanya (Muhammad)". Bahasa orang yang mereka tuduhkan (bahwa Muhammad belajar) kepadanya adalah bahasa ajam, padahal ini (Alquran) adalah dalam bahasa Arab yang jelas.” (QS An Nahl 103).