Hikmah Ibadah Ramadhan Saat Pandemi Covid-19

Rep: Fuji E Permana/ Red: Esthi Maharani

Rabu 14 Apr 2021 12:51 WIB

Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar Foto: Republika/Thoudy Badai Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Umat Islam di seluruh dunia telah memasuki bulan suci Ramadhan tahun 1442 Hijriyah yang masih dalam pandemi Covid-19. Pandemi ini tentu akan menambah tantangan dalam melaksanakan ibadah-ibadah di bulan Ramadhan.

Sehubungan dengan itu, umat Islam disarankan untuk memperbanyak doa karena doa dari orang-orang yang sedang kesulitan atau tertimpa musibah akan semakin cepat dikabulkan. Terlebih doanya dipanjatkan di bulan Ramadhan yang penuh berkah.

Imam Besar Masjid Istiqlal, Prof KH Nasaruddin Umar menyampaikan, semakin berat tantangan sebuah ibadah, maka akan semakin besar pahala dari ibadah itu. Sekarang di masa pandemi Covid-19, tentu tantangan dalam menjalankan ibadah lebih berat karena harus melaksanakan protokol kesehatan yang ketat.

"Kalau kita mampu melaksanakan amalan (ibadah-ibadah di bulan) Ramadhan dalam suasana protokol (kesehatan) ketat ini, Insya Allah mudah-mudahan pahalanya lebih besar," kata Kiai Nasaruddin saat diwawancarai Republika, awal bulan ini.