Rabu 14 Apr 2021 14:01 WIB

Bintang NBA Ini Tetap Berpuasa di Tengah Padatnya Laga

Enes Kanter meniru contoh Hakeem Olajuwon yang tetap berpuasa meski bertanding.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Pebasket Muslim asal Turki yang berlaga di NBA, Enes Kanter, ketika mengunjungi Jakarta pada 2017 lalu.
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Pebasket Muslim asal Turki yang berlaga di NBA, Enes Kanter, ketika mengunjungi Jakarta pada 2017 lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Center Portland Trail Blazers Enes Kanter tetap menjalankan ibadah puasa Ramadhan tahun ini. Padahal, timnya tengah melakoni jadwal padat pertandingan NBA untuk bersaing menuju babak play-off.

Ini bukan kali pertama pebasket Muslim asal Turki ini bermain dalam kondisi berpuasa. Pemain yang pernah berkunjung ke Indonesia pada 2017 lalu itu sangat berpengalaman menjalani puasa sebagai pebasket. Dia telah melakukan ini sejak berusia di bawah 10 tahun. Bahkan saat remaja, Kanter sudah bermain basket kompetitif sebagai bintang internasional.

Baca Juga

“Sampai sekarang, saya pikir saya telah melakukan pekerjaan yang sangat baik dengan tidak pingsan,” kata Kanter sambil tertawa, dikutip dari Oregonlive, Rabu (14/4). “Tapi, bagi semua Muslim, ini bulan yang sangat suci. Saya sangat senang melakukannya."

Puasa sebulan penuh akan dijalani Kanter. Bermain dalam kondisi lapar dan haus tidak seburuk kedengarannya, kata Kanter. "Setelah pertandingan dimulai, Anda tidak berpikir tentang Anda haus, Anda tidak berpikir tentang Anda lapar, atau semacamnya. Anda hanya akan fokus pada permainan," katanya.