REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Eastspring Investments Indonesia (“Eastspring Indonesia”) berkolaborasi dengan PT Moduit Digital Indonesia (“Moduit”) meluncurkan kampanye #MoneyParenting mengadakan webinar bertajuk #MoneyParenting – Do it Right Together, Senin (12/4)
Siaran pers Eastspring yang diterima Repubika.co.id menyebutkan, kampanye #MoneyParenting menanggapi temuan dari hasil studi perdana Asia Money Parenting yang dilakukan Eastspring Investments. Studi yang menyurvei 10 ribu orang tua di Sembilan pasar Asia ini mengeksplorasi bagaimana orang tua mendidik anak mereka tentang tanggung jawab finansial mulai dari persepsi, kebiasaan, pengetahuan, bersikap dan pemahaman tentang keuangan ini diturunkan kepada anak-anak mereka.
Hasil studi mengungkapkan bahwa 51 persen dari semua orang tua yang disurvei mengatakan bahwa mereka tidak tahu apakah mereka telah menjadi guru dan panutan yang sukses bagi anak – anak mereka. Pada saat yang sama, 95 persen orang tua yang disurvei setuju bahwa pentingnya untuk mengajari anak-anak mereka tentang cara menggunakan dan mengelola uang dan 43 persen orang tua yang disurvei ingin meningkatkan pengetahuan keuangan mereka sendiri untuk menjadi panutan dan guru yang lebih baik.
Eastspring Investments juga mengidentifikasi lima karakter dalam Money Parenting yang dapat dimanfaatkan orang tua untuk lebih memahami gaya pengasuhan mereka sendiri. Yaitu The Freestylers, The Facilitators, The Nurturers, The Go-getters, dan The Balancers untuk membantu memahami kepribadian para orang tua agar dapat menyusun metode belajar individu untuk menghasilkan pembelajaran terbaik mereka.
Melalui kampanye #MoneyParenting, Moduit memberikan pilihan tiga produk reksa dana Eastspring Indonesia, yaitu Eastspring Investments Value Discovery, Eastspring Investments Yield Discovery dan Eastspring Investments Cash Reserve sebagai solusi investasi yang tepat dengan kebutuhan orang tua dalam pengelolaan keuangan anak-anak mereka. Orang tua dapat berinvestasi dengan mudah dan terjangkau melalui aplikasi Moduit yang dapat diunggah melalui Play Store dan App Store dengan investasi mulai dari Rp 10.000,- .Pembukaan akun hanya mensyaratkan KTP anak dan rekening bank atas nama anak tersebut.
Stefanus Adi Utomo, Chief Marketing Officer Moduit Digital Indonesia menyampaikan, “Pentingnya Money Parenting ini dalam membantu orangtua dalam mengedukasi pengelolaan uang untuk anak sejak dini dan diharapkan dapat memberikan manfaat terbaik dan pengetahuan mengenai pengelolaan keuangan mereka mulai saat ini hingga di masa mendatang.”
“Berdasarkan studi ini, Eastspring Investments telah mengembangkan microsite www.eastspring.co.id/money-parenting untuk memasilitasi orang tua mempelajari lebih lanjut tentang Money Parenting dan meningkatkan kepercayaan diri dalam menanamkan dan melatih pengelolaan keuangan anaknya dengan bijak. Karena orang tua merupakan guru dan sekolah pertama dari anak anak mereka, perannya sangat penting dalam membentuk pemahaman dan kebiasaan mereka tentang penggunaan uang,” ungkap Alan J Tangkas Darmawan,presiden direktur Eastspring Indonesia.
Microsite Money Parenting menghadirkan beragam artikel, infografik, kuis kepribadian menargetkan para orang tua dengan memberdayakan mereka dengan pengetahuan, keterampilan dan alat dalam memberikan bimbingan dan bantuan keuangan terbaik kepada anak-anak mereka dan untuk generasi yang akan datang.
Salah satu upaya Eastspring Indonesia dan Moduit mengkomunikasikan kampanye #MoneyParenting adalah dengan mengadakan webinar bertajuk #MoneyParenting-Do It Right Together pada Senin (12/4). Webinar ini mengundang para pembicara ahli dan Shahnaz Soehartono, presenter TV swasta nasional berbincang mengenai #Money Parenting.