REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Eastspring Investments Indonesia (“Eastspring Indonesia”) berkolaborasi dengan PT Moduit Digital Indonesia (“Moduit”) meluncurkan kampanye #MoneyParenting mengadakan webinar bertajuk #MoneyParenting – Do it Right Together, Senin (12/4)
Siaran pers Eastspring yang diterima Repubika.co.id menyebutkan, kampanye #MoneyParenting menanggapi temuan dari hasil studi perdana Asia Money Parenting yang dilakukan Eastspring Investments. Studi yang menyurvei 10 ribu orang tua di Sembilan pasar Asia ini mengeksplorasi bagaimana orang tua mendidik anak mereka tentang tanggung jawab finansial mulai dari persepsi, kebiasaan, pengetahuan, bersikap dan pemahaman tentang keuangan ini diturunkan kepada anak-anak mereka.
Hasil studi mengungkapkan bahwa 51 persen dari semua orang tua yang disurvei mengatakan bahwa mereka tidak tahu apakah mereka telah menjadi guru dan panutan yang sukses bagi anak – anak mereka. Pada saat yang sama, 95 persen orang tua yang disurvei setuju bahwa pentingnya untuk mengajari anak-anak mereka tentang cara menggunakan dan mengelola uang dan 43 persen orang tua yang disurvei ingin meningkatkan pengetahuan keuangan mereka sendiri untuk menjadi panutan dan guru yang lebih baik.
Eastspring Investments juga mengidentifikasi lima karakter dalam Money Parenting yang dapat dimanfaatkan orang tua untuk lebih memahami gaya pengasuhan mereka sendiri. Yaitu The Freestylers, The Facilitators, The Nurturers, The Go-getters, dan The Balancers untuk membantu memahami kepribadian para orang tua agar dapat menyusun metode belajar individu untuk menghasilkan pembelajaran terbaik mereka.