Tiga Peristiwa Bersejarah di Bulan Ramadhan

Red: A.Syalaby Ichsan

Kamis 15 Apr 2021 14:43 WIB

Pergi tempu dulu. Mereka berkonvo menyusuri gurun pasir yang ganas Foto: google.com Pergi tempu dulu. Mereka berkonvo menyusuri gurun pasir yang ganas

REPUBLIKA.CO.ID, Ramadhan bukan hanya menjadi bulan penuh keberkahan, namun juga menjadi momentum bersejarah bagi umat Islam seluruh dunia. Mengingat di bulan ini terjadi tiga peristiwa besar, yakni diturunkannya Alquran atau saat ini diperingati sebagai Nuzulul Quran, terjadinya Perang Badar, dan penaklukkan kota Makkah atau biasa disebut Fathu Makkah. 

Saat Nabi mencapai usia 40 tahun, tepatnya pada 17 Ramadhan 13 tahun sebelum Hijriyah, Nabi Muhammad SAW menerima wahyu pertama di Gua Hira. Pakar astronomi Syekh Mahmud Basya menuturkan, waktu itu bertepatan dengan awal Februari tahun 610 Masehi.

Mendekati masa-masa turunnya wahyu pertama, Nabi sangat sering berkhalwat di Gua Hira, menjauh dari manusia dan beribadah khusyu’ di sana selama beberapa hari, bahkan berbulan-bulan. Di tengah-tengah peribadatannya di Gua Hira, Nabi SAW didatangi Malaikat Jibril lalu berkata, “Bergembiralah wahai Muhammad, aku Jibril. Dan engkau adalah utusan Allah untuk umat ini,” ucapnya. 

Pada hari itu turunlah wahyu pertama yakni surat Al-Alaq ayat 1-5 yang diturunkan Allah SWT melalui malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW, dan hingga kini diperingati sebagai hari Nuzulul Quran.