Kamis 15 Apr 2021 15:53 WIB

Alasan Orang Indonesia Ganti Operator Seluler

Orang berganti operator seluler cenderung mencari jaringan 4G yang lebih baik.

Red: Dwi Murdaningsih
Jaringan 4G (Ilustrasi)
Jaringan 4G (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perusahaan mobile analitik OpenSignal menemukan pengguna ponsel Indonesia yang berganti operator seluler rata-rata memiliki pengalaman seluler yang lebih buruk sebelum beralih. Selain itu, semua pengguna yang berpindah operator seluler memiliki pengalaman yang lebih baik di jaringan seluler baru mereka.

"Pengguna kami yang meninggalkan 3, Indosat, Smartfren dan XL rata-rata menghabiskan lebih sedikit waktu tanpa sinyal seluler di jaringan baru mereka," kata OpenSignal, di blog resmi, dikutip Kamis (15/4).

Baca Juga

Namun, pengguna yang meninggalkan Telkomsel secara rata-rata tidak melihat perbedaan yang signifikan terhadap ketersediaan sinyal 3G/4G mereka. Mereka melihat peningkatan ketersediaan 4G di jaringan baru mereka.

OpenSignal menganalisis pengalaman seluler selama paruh kedua tahun 2020. Mereka melihat pengalaman seluler pengguna tersebut selama 30 hari sebelum mereka membuat perubahan, dan membandingkannya dengan pengalaman rata-rata di jaringan mereka selama periode penuh.