Sabtu 17 Apr 2021 23:22 WIB

RSUP Dr Sardjito Kembangkan Terapi Pel Punca Pasien Covid-19

Penelitian sel punca diharapkan selesai pada September 2021.

Red: Dwi Murdaningsih
RSUP Dr Sardjito Yogyakarta.
Foto: Yusuf Assidiq.
RSUP Dr Sardjito Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr Sardjito Yogyakarta bersama UGM berhasil mengembangkan terapi pasien covid-19. Kolabrasi keduanya menerapkan penggunaan sel punca atau stem cell pada pasien COVID-19 derajat berat.

"Pemberian stem cell pada pasien COVID-19 derajat berat di RSUP Dr. Sardjito ini telah mendapat izin dari BPOM serta telah masuk dalam standar terapi COVID-19 dari Kementerian Kesehatan," kata Koordinator Tim Stem Cell RSUP Dr. Sardjito dr Rusdi Ghozali di Yogyakarta, Jumat (17/4).

Baca Juga

Menurur Rusdi, injeksi stem cell pertama pada pasien COVID-19 di RSUP Dr. Sardjito dilaksanakan pada 29 Januari 2020 pada pasien laki-laki berusia 63 tahun. Pasca injeksi stem cell, pasien menunjukkan perbaikan yang menggembirakan. Hasil pemeriksaan rontgen dada (chest x-ray) satu minggu pascaterapi stem cell juga menunjukkan perbaikan yang signifikan pada kondisi paru pasien.

"Hasil tersebut semakin mendorong Tim Stem Cell RSUP Dr. Sardjito untuk mengembangkan penelitian stem cell pada COVID-19 ini dalam bentuk uji klinik," kata dia.