Senin 19 Apr 2021 21:45 WIB

Aisyiyah Gelar Pengajian Ramadhan, Bahas Peran Perempuan

Perempuan dalam pandangan Islam menempati posisi yang sangat mulia.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Gita Amanda
Ilustrasi perempuan.  Aisyiyah, berencana menggelar Pengajian Ramadhan di bulan ini. Berlangsung selama dua hari pada 23-24 April, pengajian tersebut mengangkat tema
Foto: Republika/Mardiah
Ilustrasi perempuan. Aisyiyah, berencana menggelar Pengajian Ramadhan di bulan ini. Berlangsung selama dua hari pada 23-24 April, pengajian tersebut mengangkat tema "Posisi dan Peran Kerisalahan Perempuan: Perspektif Islam Berkemajuan".

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Salah satu organisasi ortonom bagi Wanita Muhammadiyah, Aisyiyah, berencana menggelar Pengajian Ramadhan di bulan ini. Berlangsung selama dua hari pada 23-24 April, pengajian tersebut mengangkat tema "Posisi dan Peran Kerisalahan Perempuan: Perspektif Islam Berkemajuan".

Ketua PP Aisyiyah, Soimah Kastolani, menyebut kegiatan ini nantinya akan berjalan menggunakan media daring. Pengajian ditujukan bagi anggota internal, baik pengurus pusat maupun cabang dan wilayah, termasuk di luar negeri.

Baca Juga

"Kali ini diambil tema 'Posisi dan Peran Kerisalahan Perempuan: Perspektif Islam Berkemajuan'. Nilai-nilai dasar Islam sangat memuliakan perempuan. Perempuan dan laki-laki tidak ada diskriminasi, sehingga perlu dibahas perihal kerisalahan Rasulullah SAW pada waktu itu," ujarnya saat dihubungi Republika, Senin (19/4).

Perempuan dalam pandangan Islam menempati posisi yang sangat mulia. Berdasarkan nilai-nilai dasar Islam, perempuan dan laki-laki sama-sama dimuliakan tanpa diskriminasi, serta berada dalam posisi setara di hadapan Allah SWT dalam memiliki tanggung jawab sebagai hamba dan khalifah.

Dalam pengajian nanti, setidaknya ada enam materi pokok yang akan dibahas. Di antaranya, posisi dan peran kerisalahan perempuan dalam pandangan Islam wasathiyah berkemajuan, serta dinamika gerakan Islam wasathiyah berkemajuan antara fundamentalisme dan liberalisme.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement