Friday, 2 Syawwal 1442 / 14 May 2021

Friday, 2 Syawwal 1442 / 14 May 2021

Desktop leisure detail topline

Edit
IDR 3.000.000
desktop_leisure_detail_topline

Jangan Lakukan 5 Aktivitas Ini Saat Perut Lapar

Rabu 21 Apr 2021 04:15 WIB

Rep: Farah Noersativa/ Red: Nora Azizah

Studi hubungkan rasa lapar bisa pengaruhi beberapa aktivitas.

Studi hubungkan rasa lapar bisa pengaruhi beberapa aktivitas.

Foto: PxHere
Studi hubungkan rasa lapar bisa pengaruhi beberapa aktivitas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perut keroncongan menandakan kita lapar. Saat kita lapar, tak jarang suasana di sekitar kita rasanya menjadi lebih tak menyenangkan dan tak enak untuk dilewati.

Oleh karenanya, ada beberapa hal yang sebaiknya tidak kita lakukan saat kita sedang sangat lapar. Salah satunya yang berdasarkan penelitian, kita lebih baik tidak berbelanja bahan makanan saat lapar. Sains menunjukan, hal itu dapat membuat kita membeli makanan yang kurang sehat, daripada jika kita berbelanja bahan makanan pada saat kenyang.

Dalam jurnal ilmiah Farmakologi, sebuah studi menghubungkan kadar glukosa rendah yang disebabkan rasa lapar dengan tingkat kemarahan. Oleh karenanya, lebih baik menghindari percakapan yang berpotensi menimbulkan pertengkaran dengan orang yang kita cintai jika perut kita tengah menggerutu.

Berikut beberapa hal yang sebaiknya tak kita lakukan saat kita sedang lapar, dilansir laman Eat This, Selasa (20/4).

1. Membuat keputusan keuangan
Jangan membuat keputusan finansial apa pun dengan perut kosong, terlebih mempertimbangkan investasi besar dengan segera. Penelitian baru oleh The Endocrine Society melaporkan, ghrelin "hormon kelaparan" mendorong untuk mendapatkan sesuatu yang bernilai lebih kecil dan mengesampingkan keuntungan lebih besar yang mungkin membutuhkan waktu lebih lama. Ketika peserta penelitian merasa lapar, mereka jauh lebih mungkin untuk mengambil 20 dollar di hari itu daripada 80 dollar dalam dua pekan.

"Hasil kami menunjukkan bahwa ghrelin mungkin memainkan peran yang lebih luas daripada yang sebelumnya diakui dalam perilaku terkait penghargaan manusia dan pengambilan keputusan, seperti pilihan moneter," ujar rekan penulis studi yang juga asisten profesor kedokteran di Massachusetts Rumah Sakit Umum dan Sekolah Kedokteran Harvard, Franziska Plessow, Ph.D.

2. Minum kopi
Menuangkan secangkir kopi tak dimungkiri merupakan bagian favorit semua orang di pagi hari. Meskipun secangkir kopi dengan perut kosong dapat menambah semangat pada hari itu, namun itu juga dapat merusak perut.

Saat pagi kopi itu mengenai lapisan lambung, ternyata akan mempercepat produksi asam lambung. Jika tidak ada makanan di perut Anda yang dapat membantu menyerap asam tersebut, hal itu dapat merusak lapisan lambung dan menyebabkan gangguan pencernaan dan mulas. Kopi tanpa makanan juga lebih mungkin memukul Anda secara negatif, menyebabkan kegugupan, getar, dan bahkan peningkatan detak jantung pada beberapa peminum.

Selain itu, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam British Journal of Nutrition pada 2019 menemukan, minum kopi kental setelah tidur yang terganggu pada malam hari dengan perut kosong dapat mengganggu kontrol gula darah. Hal itu menjadi faktor risiko utama untuk diabetes dan penyakit jantung.

Jadi, sangat penting untuk makan sesuatu sebelum minum kopi setelah malam tanpa tidur. Dan menurut setidaknya satu dokter, ada tepat dua waktu dalam sehari ketika Anda harus minum kopi,  dan keduanya tidak sebelum sarapan.

Desktop leisure detail text

Edit
IDR 0
desktop_leisure_detail_text

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

Desktop leisure detail berita terkait

Edit
IDR 0
desktop_leisure_detail_berita_terkait
 

BERITA LAINNYA

 

Desktop leisure detail right 1

Edit
IDR 4.000.000
desktop_leisure_detail_right_1
 
 

Desktop leisure detail right 2

Edit
IDR 3.500.000
desktop_leisure_detail_right_2
 

Desktop leisure detail right 3

Edit
IDR 3.000.000
desktop_leisure_detail_right_3
 

Desktop leisure detail right 3

Edit
IDR 3.000.000
desktop_leisure_detail_right_3

Desktop leisure detail right 4

Edit
IDR 2.500.000
desktop_leisure_detail_right_4

Desktop leisure detail bottom Frame

Edit
IDR 0
desktop_leisure_detail_bottom_Frame