Rabu 21 Apr 2021 04:15 WIB

Jangan Lakukan 5 Aktivitas Ini Saat Perut Lapar

Studi hubungkan rasa lapar bisa pengaruhi beberapa aktivitas.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Nora Azizah
Studi hubungkan rasa lapar bisa pengaruhi beberapa aktivitas.
Foto:

3. Pergi berbelanja

Untuk amannya kita mungkin harus menghindari toko, mal, dan pusat perbelanjaan dari segala jenis saat lapar. Saat kita dalam keadaan kelaparan, otak kita tidak bisa tidak fokus untuk mencari dan mendapatkan makanan. Pikiran mencari sesuatu yang berharga tersebut dapat secara tidak sengaja menyebabkan pembelian impulsif.

Satu proyek penelitian dari 2015 menemukan, pembeli mal yang lapar akhirnya menghabiskan 64 persen lebih banyak uang daripada orang lain yang pergi berbelanja dengan perut kenyang. Jika mulai merasa perut keroncongan saat melihat TV layar lebar dan sepatu kets mahal di mal lokal, pikirkan dua kali sebelum mengeluarkan dompet.

4. Mengunyah permen karet

Banyak orang suka meraih permen karet untuk membantu mencegah rasa lapar mereka selama jam-jam yang menyebalkan di antara waktu makan. Namun demikian, mengunyah permen karet saat lapar bisa lebih berbahaya daripada menguntungkan.

Ketika permen karet dikunyah saat perut kosong, kita menipu tubuh kita dengan berpikir bahwa kita sedang makan. Sebagai tanggapan, lambung memulai produksi asam untuk mengantisipasi beberapa nutrisi untuk dicerna.

Ketika tidak ada makanan yang datang, semua asam lambung ekstra itu dibiarkan berputar-putar tanpa ada yang bisa dilakukan. Selain berpotensi menyebabkan gangguan pencernaan dan ketidaknyamanan, terlalu banyak asam lambung juga dapat meningkatkan risiko sakit maag.

5. Tidur

Meskipun benar, makan hingga larut malam adalah cara yang hampir pasti untuk menambah berat badan, pergi makan dalam keadaan kelaparan juga bukan ide yang baik. Tak hanya akan merasa lebih sulit untuk tidur dan lebih mungkin untuk terbangun secara berkala, tetapi kita juga akan bangun keesokan harinya dengan tingkat energi yang sangat rendah.

Ironisnya, memaksa diri untuk tidur setiap malam saat kelaparan justru bisa menyebabkan penambahan berat badan. Jika Anda bolak-balik sepanjang malam karena rasa lapar, Anda akan bangun keesokan harinya dengan perasaan lelah.

Saat kita kurang tidur, otak kita mencari energi dalam bentuk lain yaitu makanan. Dengan cara ini, tidur dengan perut kosong dapat menciptakan lingkaran setan dari tidur yang buruk dan pilihan makanan yang memanjakan. Jika Anda ingin makan sebelum tidur, jaga agar camilan tengah malam Anda tetap ringan dan mudah dicerna.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا تَقْرَبُوا الصَّلٰوةَ وَاَنْتُمْ سُكَارٰى حَتّٰى تَعْلَمُوْا مَا تَقُوْلُوْنَ وَلَا جُنُبًا اِلَّا عَابِرِيْ سَبِيْلٍ حَتّٰى تَغْتَسِلُوْا ۗوَاِنْ كُنْتُمْ مَّرْضٰٓى اَوْ عَلٰى سَفَرٍ اَوْ جَاۤءَ اَحَدٌ مِّنْكُمْ مِّنَ الْغَاۤىِٕطِ اَوْ لٰمَسْتُمُ النِّسَاۤءَ فَلَمْ تَجِدُوْا مَاۤءً فَتَيَمَّمُوْا صَعِيْدًا طَيِّبًا فَامْسَحُوْا بِوُجُوْهِكُمْ وَاَيْدِيْكُمْ ۗ اِنَّ اللّٰهَ كَانَ عَفُوًّا غَفُوْرًا
Wahai orang yang beriman! Janganlah kamu mendekati salat ketika kamu dalam keadaan mabuk, sampai kamu sadar apa yang kamu ucapkan, dan jangan pula (kamu hampiri masjid ketika kamu) dalam keadaan junub kecuali sekedar melewati jalan saja, sebelum kamu mandi (mandi junub). Adapun jika kamu sakit atau sedang dalam perjalanan atau sehabis buang air atau kamu telah menyentuh perempuan, sedangkan kamu tidak mendapat air, maka bertayamumlah kamu dengan debu yang baik (suci); usaplah wajahmu dan tanganmu dengan (debu) itu. Sungguh, Allah Maha Pemaaf, Maha Pengampun.

(QS. An-Nisa' ayat 43)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement