Penjelasan Doa Buka Puasa Menurut Maulana Zakariyya

Rep: Ali Yusuf/ Red: Muhammad Hafil

Rabu 21 Apr 2021 17:07 WIB

Penjelasan Doa Buka Puasa Menurut Maulana Zakariyya . Foto: Berdoa (Ilustrasi) Foto: Republika/Thoudy Badai Penjelasan Doa Buka Puasa Menurut Maulana Zakariyya . Foto: Berdoa (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA-- Dari Sayyidina Abu Sa'id Al Khudri ra Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya Allah SWT mempunyai hamba-hamba yang akan dibebaskan dari api neraka setiap siang dan malam, yakni pada Ramadhan. Sesungguhnya bagi setiap muslim pada setiap siang dan malam bulan Ramadhan, punya satu dosa yang pasti dikabulkan." (HR.Bazzar,dari Kita At-Targhib).

Syekh Maulana Muhammad Zakariyya Al-Kandahlawi Rah mengatakan selain hadits di atas, terdapat hadits-hadits lain yang menyatakan bahwa doa orang yang berpuasa akan diterima. Sebuah hadits menyebutkan bahwa doa orang yang berpuasa akan diterima ketika berbuka.

Baca Juga

"Namun pada umumnya, ketika itu kita sedang asyik makan, sehingga mengabaikan kesempatan ini, bahkan doa berbuka pun sering terlupakan," kata Syekh  Zakariyya dalam kitabnya Fadhilah Ramadhan.

Salah satu doa berbuka yang terkenal adalah "Ya Allah hanya untuk-Mu aku berpuasa, hanya kepada-Mu aku beriman, dan hanya kepada-Mu lah aku bertawakkal dan hanya dengan rezeki dari-Mu aku berbuka."