Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image roba inah

Keefektivan Vaksinasi, Penjajah, dan Senyum Anak Bangsa

Info Terkini | Sunday, 18 Apr 2021, 11:13 WIB

Penulis: Robainah, Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo

Penerapan pembelajaran daring diberlakukan oleh pemerintah untuk mengatasi penularan covid-19 yang saat ini telah merajalela di kehidupan masyarakat yang mengakibatkan kemacetan pendidikan di seluruh penjuru dunia. Pembatasan sosial berskala besar( PSPB ) yang dilakukan di seluruh penjuru dunia termasuk di negara kita sendiri yaitu Indonesia merupakan solusi yang dianggap paling efisien sebelum vaksinasi dilakukan oleh pemerintah. Pendidikan merupakan hal yang sangat penting untuk dipertahankan di masa pandemi covid-19 karena pendidikan merupakan ujung tombak untuk mencerdaskan kehidupan bangsa seperti yang tertuang dalam undang-undang dasar negara Republik Indonesia tahun 1945 alinea ke-4:

Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu pemerintah negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan perdamaian abadi dan keadilan sosial maka disusunlah kemerdekaan kebangsaan Indonesia itu dalam suatu undang-undang dasar negara Indonesia yang terbentuk dalam suatu susunan negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan berdasar kepada ketuhanan yang maha esa kemanusiaan yang adil dan beradab persatuan Indonesia dan kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan serta dengan mewujudkan suatu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Kehadiran virus covid-19 merupakan ancaman bagi bangsa Indonesia dalam memberantas kebodohan, karena dengan kehadiran covid-19 sistem pendidikan di Indonesia tidak dapat berjalan secara maksimal sehingga lambat laun generasi bangsa mengalami kebodohan yang menjadi celah bagi bangsa lain untuk dapat dengan mudah menjajah Bangsa Indonesia. Dengan kata lain virus covid-19 merupakan penjajah dan penjajah itu harus dimusnahkan seperti yang tertuang dalam pembukaan UUD 45 alinea -1

Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan diatas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan.

Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 merupakan dasar bagi pemerintah untuk tetap melaksanakan pendidikan di Indonesia dengan menerapkan pembelajaran daring. Sistem pembelajaran daring dilakukan di semua jenjang pendidikan dari TK hingga perguruan tinggi, akan tetapi penerapan pembelajaran daring tidak dapat berjalan secara maksimal, berdasarkan hasil wawancara kepada seorang guru di SD Negeri mengatakan bahwa banyak faktor penghambat yang dialami guru dalam melaksanakan pembelajaran secara daring, antara lain terdapat siswa yang tidak memiliki HP sendiri, siswa mengandalkan HP orang tua dalam mengikuti pembelajaran daring .Dalam pelaksanaan pembelajaran guru hanya dapat memberikan tugas-tugas dan materi lewat WA dan Google classroom, guru tidak dapat langsung berinteraksi dengan siswa untuk menyampaikan materi.

Berdasarkan hasil wawancara kami kepada seorang guru di sebuah SD Negeri berpendapat bahwa pembelajaran daring tidak dapat memenuhi target nilai yang diharapkan sekolah, banyak orang tua siswa yang mengeluh karena pembelajaran dilakukan secara daring terutama dalam pembelajaran sains. Seharusnya pembelajaran sains dilakukan dengan banyak mengandalkan alat peraga dan media agar Siswa lebih bisa menangkap materi yang diajarkan akan tetapi karena pembelajaran dilakukan secara daring pembelajaran sains tidak dapat dilakukan secara maksimal dan tidak dapat memanfaatkan alat peraga yang ada di sekolah.

Pembelajaran sains merupakan ilmu yang mempelajari alam semesta dan lingkungan sekitar pendidikan sains memberikan pengalaman yang secara langsung kepada siswa untuk mengenal dan mempelajari alam semesta agar memperoleh pengetahuan yang lebih mendalam tentang kehidupan di sekitar kita. Pembelajaran sains dengan melakukan kegiatan langsung dapat meningkatkan keterampilan proses sains misalnya keterampilan melakukan pengamatan, pengukuran, interprestasi, manipulasi, hipotesis, keterampilan menarik kesimpulan, dan mengkomunikasikan hasil. Pendidikan sains banyak memberikan manfaat bagi kehidupan masyarakat oleh karena itu pembelajaran sains harus dilaksanakan secara maksimal agar menciptakan peserta didik yang cinta akan lingkungan

Program vaksinasi merupakan upaya yang dilakukan oleh pemerintah dalam meminimalisir akibat yang ditimbulkan oleh penularan covid-19 karena dengan vaksinasi covid-19 dapat menciptakan respon antibodi, mencegah terkena virus covid-19, dan melindungi orang-orang disekitar kita dengan melakukan vaksinasi covid-19 diharapkan masyarakat dapat hidup berdampingan dengan covid-19.

Perjuangan pemerintah dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia dengan mengisi kemerdekaan dengan tetap berjuang untuk mencapai keadilan dan kemakmuran seperti yang tertuang dalam undang-undang dasar 1945 alinea ke-2

Dan perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia telah sampailah kepada saat yang berbahagia dengan selamat sentosa mengantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan Negara Indonesia yang merdeka bersatu berdaulat adil dan makmur.

Pemerintah akan menerapkan new normal setelah proses vaksinasi selesai dilakukan kehidupan akan kembali seperti semula dan tentunya anak-anak dapat mengikuti pembelajaran tatap muka di sekolah dengan tetap mematuhi protokol kesehatan karena virus Corona akan tetap mengancam kehidupan masyarakat dan kita harus berdamai dan hidup berdampingan dengan mereka.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image