'Konsumen di Masa Pandemi Memiliki Kebiasaan Berbeda'
Red: Fernan Rahadi
Presiden Direktur AQUA Japan Indonesia Kenji Sadayuki (tengah) didampingi Managing Director Shinichi Nakase (kiri) memperlihatkan cara penggunaan mesin cuci terkecil di dunia Coton Handy Washer kepada selebritis Andre Taulany dalam peluncuran inovasi peral | Foto: Antara Foto/Wawan
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pandemi Covid-19 memberi dampak yang cukup signifikan terhadap perkembangan dunia bisnis dan industri, termasuk pada bisnis produk peralatan elektronik rumah tangga. Produsen elektronik rumah tangga Aqua Japan menyatakan tahun 2021 masih merupakan tahun yang penuh tantangan namun sekaligus momen kebangkitan.
"Kunci untuk dapat terus berkembang kami rasa terletak strategi dan inovasi yang tepat. Untuk itu, di masa pandemi ini, Aqua Japan terus menghadirkan inovasi baik dari sisi produk maupun layanan yang mampu menjawab kebutuhan konsumen," kata Presiden Direktur Aqua Japan Indonesia, Kenji Sadayuki, dalam acara webinar, Jumat (23/4).
Untuk inovasi di bidang produk, Aqua Japan melihat bahwa di masa pandemi ini, konsumen memiliki kebiasaan berbeda. Seperti berbelanja kebutuhan sehari-hari sepekan sekali, bekerja dari rumah, dan memperbanyak aktivitas di dalam rumah. Untuk menunjang aktivitas tersebut, Aqua Japan menghadirkan produk dengan teknologi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat saat ini.
"Inovasi teknologi yang kami hadirkan berusahan menjawab apa yang menjadi kebutuhan masyarakat saat ini. Seperti menghadirkan kulkas side by side multidoor dengan kapasitas penyimpanan yang luas dan fitur T-ABT yang mampu membunuh 99,9 persen bakteri serta menguraikan kotoran organik. Lalu ada mesin cuci dengan teknologi UV Function, yang mampu membunuh bakteri dan virus selama proses pencucian, sehingga memberikan hasil sanitasi yang maksimal," jelas Head of Product Planning Department Aqua Japan Indonesia, Meiriano Ullman.
Sebagai salah satu inovasi di bidang servis, Aqua Japan memperpanjang masa garansi bagi produk-produk elektroniknya. Hal ini bertujuan agar konsumen tetap merasa tenang dan aman menggunakan produk elektronik Aqua Japan. Beberapa produk seperti kulkas dua pintu inverter, mesin cuci bukaan atas (top load) dan bukaan depan (front load), air conditioner (AC), televisi LED, freezerrumahan, hingga showcase, mengalami perubahan masa garansi menjadi lebih lama.
"Kami tidak ingin konsumen kami khawatir karena ada batas masa garansi. Kami percaya produk Aqua Japan memiliki kualitas terbaik, namun terkadang terjadi hal-hal yang bersifat force majeure seperti bencana alam yang terjadi beberapa waktu lalu. Meski hal ini tidak kami harapkan terjadi, perpanjangan masa garansi akan memberikan ketenangan bagi seluruh konsumen dan hal inilah yang membedakan Aqua Japan dengan kompetitor lain," ujar Sales Executive General Manager Aqua Japan Indonesia, Yudistiro.
Beberapa poin garansi yang berubah di antaranya, garansi untuk kompresor kulkas yang sebelumnya diberikan hanya 10 tahun, bertambah menjadi 12 tahun. Sementara untuk mesin cuci baik bukaan atas maupun bukaan depan, juga mendapatkan tambahan masa garansi khususnya bagi part BLDC Motor (Brushless Direct Current Inverter) dari awalnya 5 tahun menjadi 12 tahun dan standar motor dari 5 tahun bertambah menjadi 7 tahun. Sementara untuk air conditioner mengalami penambahan waktu terbesar khususnya bagi part kompresor yang dari sebelumnya 5 tahun bertambah menjadi 10 tahun.
"Aqua Japan juga memberikan perpanjangan masa garansi bagi produk LED dan LCD TV, dari sebelumnya hanya 2 tahun menjadi 5 tahun khusus part panel. Kami terus meningkatkan kualitas dan inovasi produk Aqua Japan, sekaligus terus melindungi konsumen kami. Sesuai dengan tagline Aqua Japan yaitu, Know You Better," ujar Yudistiro.