REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gojek menghadirkan tren bisnis menarik selama Ramadan dan juga Akademi Mitra Usaha (KAMUS). VP Merchant Marketing Gojek Bayu Ramadhan mengatakan, inisiatif tersebut ditujukan untuk pelaku usaha agar dapat menyusun strategi bisnis yang tepat di masa menantang pandemi Covid-19 dengan mengenal pola bisnis selama Ramadhan dan mendapatkan pelatihan langsung oleh para ahli di bidangnya.
Bayu mengatakan, Akademi Mitra Usaha merupakan langkah untuk mendampingi pelaku usaha agar lebih cepat beradaptasi di platform digital. "Wadah edukasi dari Gojek yang menaungi beragam komunitas ini ditujukan untuk pelaku usaha dari berbagai kalangan, dari yang baru memulai bisnis hingga yang ingin naik kelas dan mengeluarkan inovasi baru,” kata Bayu dalam pernyataan tertulisnya, Senin (26/4).
Bayu menuturkan, berdasarkan data Gojek Ramadhan tahun lalu yang dapat menjadi acuan bagi pelaku usaha di Ramadhan tahun ini, terdapat sejumlah bisnis yang menarik. Pertama, dia mengatakan, masyarakat sangat mengandalkan pemesanan makanan daring, terjadi pertumbuhan permintaan pesan-antar kuliner sejak minggu kedua Ramadan sampai akhir bulan.
"Jumlah pemesanan makanan via layanan GoFood mengalami tren pertumbuhan positif selama Ramadhan tahun lalu, terutama sejak pekan kedua hingga akhir bulan. Hal ini menunjukkan, masyarakat sangat mengandalkan layanan pesan antar daring guna memenuhi kebutuhan mereka selama Ramadhan," jelas Bayu.