REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setiap tahun, perusahaan pemasaran Distinctive Assets, menyiapkan tas hadiah atau goody bag yang dibawa pulang oleh 25 nominasi Academy Awards atau Oscar. Penerima goody bag seluruh nominasi, baik mereka menang atau tidak.
Pada tahun ini setiap tas dilansir mencapai 205 ribu dolar atau sekira Rp 2,9 miliar. Nilai dari isi tas hadiah tersebut telah mengalami penurunan dari tahun lalu hingga 20 ribu dolar.
Akademi yang menggelar Oscar ke-93 tahun ini, mengeluh tentang sifat kurang sehat dari beberapa hadiah dan pers negatif yang mengelilinginya. Tas hadiah tahun ini mencerminkan peristiwa kelam yang membayangi pagelaran Oscar, yaitu adanya seruan untuk keadilan sosial setelah pembunuhan George Floyd dan wabah Covid-19.
"Kami memang ingin tas-tas itu terasa seperti memiliki tujuan yang lebih besar daripada hanya, 'ini tas yang penuh dengan barang gratis'," kata pendiri Distinctive Assets, Lash Fary, dikutip dari Forbes pada Senin (26/4).
Lantas apa saja isi dari tas hadiah ini? Tas hadiah ini mencakup berbagai kupon atau voucher seperti sedot lemak gratis, krim kulit desainer, penguap ganja berlapis emas, lilin afirmasi, mandi busa vegan, dan infus vitamin.
Selain itu ada kupon untuk beberapa sesi pelatihan pribadi dengan pelatih selebritas, menginap tiga malam di Mercusuar Pater Noster di pantai Swedia, dan palu darurat dari Peta untuk menyelamatkan anjing yang terjebak di dalam mobil panas. Menurut Page Six, para nominasi juga dapat mengambil tas hadiah dari GBK Brand Bar senilai 60 ribu dolar atau sekira Rp 869 juta yang berisi aneka kupon untuk liburan mewah, dilansir dari India Today.