Selasa 27 Apr 2021 10:31 WIB

AS Luncurkan Bantuan 310 Juta Dolar untuk Amerika Tengah

Pandemi Covid-19 telah meningkatkan jumlah kasus kelaparan di wilayah itu.

Rep: Lintar Satria/ Red: Teguh Firmansyah
Wakil Presiden Kamala Harris.
Foto: AP/Evan Vucci
Wakil Presiden Kamala Harris.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Kamala Harris mengumumkan bantuan sebesar 310 juta dolar AS untuk Amerika Tengah. Bantuan ini diungkapkan dalam pertemuan virtual dengan Presiden Guatemala Alejandro Giammattei.

Dalam pertemuan itu, kedua negara sepakat bekerja sama dalam upaya mengatasi masalah imigrasi. Presiden AS Joe Biden menugaskan Harris memimpin upaya AS membuat kesepakatan dengan Meksiko dan tiga negara Amerika Tengah yakni Honduras, Salvador dan Guatemala untuk menghentikan gelombang imigran yang hendak masuk ke AS.

Baca Juga

"Kami ingin bekerja sama dengan Anda, dengan cara yang akan membawa harapan pada rakyat Guatemala, akan ada kesempatan bagi mereka untuk tetap tinggal di negeri sendiri," kata Harris, Selasa (27/4).

Wakil Presiden AS itu menambahkan, ia akan berkunjung ke Amerika Tengah pada bulan Juni mendatang. Dalam pernyataannya kantor Wakil Presiden AS mengatakan bantuan tersebut akan berasal dari anggaran USAID, Departemen Luar Negeri, Pertahanan dan Pertanian.