Selasa 27 Apr 2021 12:29 WIB

Memotivasi Anak Agar Semangat Belajar Puasa

Ada cara tertentu agar orang tua bisa memotivasi anak untuk semangat berpuasa.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah
Ada cara tertentu agar orang tua bisa memotivasi anak untuk semangat berpuasa.
Foto: Pxhere
Ada cara tertentu agar orang tua bisa memotivasi anak untuk semangat berpuasa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada cara tertentu agar orang tua bisa memotivasi anak untuk semangat berpuasa. Menurut Dokter Spesialis Anak Primaya Hospital Bekasi Barat, Ayi Dilla Septarini, langkah-langkah tersebut dapat dilakukan dari hal sederhana.

Pertama, memberi reward bagi si kecil seperti membuatkan makanan atau minuman favoritnya untuk berbuka puasa. Tanamkan pula keinginan berpuasa dalam hati anak dengan cara memberikan pendidikan agama secara tersirat.

Baca Juga

Beri anak pengenalan sederhana mengenai manfaat puasa untuk kesehatan, seperti untuk memperbaiki sel-sel kekebalan tubuh yang rusak agar dia tidak mudah sakit. Karena selalu sehat dan tak gampang sakit, anak bisa belajar dan bermain lebih lama. 

Saat berpuasa, sistem kekebalan di dalam tubuh akan menghemat energi dengan cara meregenerasi sel-sel kekebalan tubuh yang rusak atau sudah tua untuk diganti dengan sel imunitas yang baru. Dengan memahami manfaat puasa untuk kesehatan, anak tentu lebih bersemangat menjalankan puasa.

Bisa juga dengan menumbuhkan semangat kompetitif. Misalnya, ibu memberi contoh kepada si kecil mengenai teman-teman seusianya yang sudah mulai berpuasa. Dengan hal seperti ini, si kecil tentu akan kembali bersemangat dan ingin belajar berpuasa seperti teman-temannya.

Sangat penting pula mengajarkan puasa kepada anak secara bertahap. Pada masa awal seorang anak berlatih puasa Ramadhan merupakan masa penyesuaian tubuh terhadap rasa lapar. Sangat wajar apabila anak terlihat lemas dan mengantuk. 

"Biarkan mereka menghabiskan waktu tidur siang namun jangan sampai berlebihan. Tawarkan anak aktivitas seperti belajar mengaji, membaca buku, mewarnai, atau aktivitas yang menyenangkan lainnya," ujar Ayi lewat pernyataan resminya, dikutip republika.co.id, Selasa (27/4).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement