Jumat 30 Apr 2021 05:07 WIB

Naskah Khutbah Jumat: Filosofi Zakat

Zakat bukti nyata dan indikasi sebagai orang yang beriman kepada Allah.

Red: Ani Nursalikah
Naskah Khutbah Jumat: Filosofi Zakat. Panitia menerima zakat fitrah dari warga di Masjid Raya Darussalaam, Palangkaraya, Kalimantan Tengah.
Foto: Makna Zaezar/ANTARA FOTO
Naskah Khutbah Jumat: Filosofi Zakat. Panitia menerima zakat fitrah dari warga di Masjid Raya Darussalaam, Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Jindar WahyudiKetua Pimpinan Daerah Muhammadiyah, Kab Boyolali, Alumni Pondok Hajjah Nuriyah Shabran UMS

اَلْحَمْدُ ِلله ِالَّذِى اَرْسَلَ رَسُوْلَهُ بِالْهُدَى وَدِيْنِ الْحَقِّ لِيُظْهِرَهُ عَلىَ الدِّيْنِ كُلِّهِ وَكَفاَ بِاللهِ شَهِيْدًا اَشْهَدُ اَنْ لاَ ِالَهَ اِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى َالِهِ وَاَصْحَابِهِ اَجْمَعِيْنَ اَمَّا بَعْدُ: فَيَاَ أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوْاللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوتُنَّ اِلاَّ وَاَنْتُمْ مُسْلِمُون  وَقَالَ اللهُ تَعَالَى:قَدْ أَفْلَحَ الْمُوءْمِنُونَ. الذِيْنَ هُمْ فِى صَلَاتِهِمْ خَاشِعُونَ. وَالَّذِيْنَ هُمْ عَنِ اللَّغْوِمُعْرِضُونَ. وَالَّذِيْنَ هُمْ لِلزَّكَاةِ فَاعِلُونَ

Baca Juga

Hadirin Jama’ah Shalat Jum’at Rahimakumullah

Dalam kesempatan khutbah Jumat siang ini, tidak lupa marilah kita  bersyukur kepada Allah SWT atas segala nikmat yang telah diberikan kepada kita semua sehingga sampai saat ini kita masih diberi kekuatan dan kesempatan untuk dapat melaksanakan salah satu kewajiban kita, yaitu jamaah shalat Jumat.

Sebagai wujud rasa syukur itu, marilah kita tingkatkan kualitas iman dan takwa kita kepada Allah SWT, dengan takwa yang sebenar-benarnya takwa. Mudah-mudahan dengan takwa itu kita mampu melaksanakan kewajiban yang diperintahkan Allah kepada kita dan menjauhi segala yang dilarang-Nya. Karena, di balik perintah dan larangan Allah itu secara filosofis pasti  memiliki makna yang besar bagi kelangsungan hidup kita tidak terkecuali perintah melaksanakan zakat.

Firman Allah: “Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman. (Yaitu) orang-orang yang khusyuk dalam shalatnya.  Dan, orang-orang yang menjauhkan diri dari sesuatu yang tiada berguna. Dan, orang-orang yang menunaikan zakat (QS al- Mu’minuun : 1-4)”

Baca juga : Ramadhan Kesempatan Milenial Tambah Pundi Amal

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement