Nurani Institute Indonesia Selenggarakan Santunan Anak Yatim

Red: Bilal Ramadhan

Jumat 30 Apr 2021 23:46 WIB

Nurani Institute Indonesia (NUI) kembali menyelenggarakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya pada bulan Ramadhan, yaitu Aksi Ramadhan “Berbagi Untuk Negeri”. Foto: Istimewa Nurani Institute Indonesia (NUI) kembali menyelenggarakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya pada bulan Ramadhan, yaitu Aksi Ramadhan “Berbagi Untuk Negeri”.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nurani Institute Indonesia (NUI) kembali menyelenggarakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya pada bulan Ramadhan, yaitu Aksi Ramadhan “Berbagi Untuk Negeri”.

Rangkaian kegiatan ini dimulai dengan berbagi takjil pada malam-malam ganjil Ramadhan seperti pada malam ke-11, 13, 15, dan pada malam ke-17 Ramadan, hingga puncaknya pada malam 27 Ramadhan sebanyak 1.000 paket takjil Ramadan.

Untuk kegiatan ini, NUI berhasil mengumpulkan donasi dari berbagai pihak dan menyalurkannya ke berbagai kegiatan Aksi Ramadhan yaitu Kajian Tematik Ramadhan yang dibagi dalam sembilan sesi kajian, kursus Bahasa Arab untuk milenial setiap pekannya, dan termasuk berbagi tajil dan bukber sekaligus santunan kepada yatim dan dhuafa.

Anak yatim dan dhuafa yang disantuni dalam acara ini berjumlah 100 orang. Sebelumnya di makassar telah dilakukan untuk 250 orang. Di Bulukumba 100 orang. Untuk malam 21, 23, dan malam 27 Ramadan, Panitia berencana akan berbagi bersama yatim untuk 200 orang lagi.

Pada malam ke-17 Ramadan yang jatuh tepat pada tanggal 28 April 2021, Nurani Institute Indonesia dan tim melaksanakan santunan bersama anak yatim dan dhuafa di Masjid Riyadhul Jannah yang berlokasi di Kramat Sentiong, Senen, Jakarta Pusat.

Acara dimulai pada pukul 16.00 WIB. Acara ini diselenggarakan dengan mengikuti protokol kesehatan, para jamaah duduk berjarak dan menggunakan masker serta tim NUI telah memberikan hand sanitizer kepada setiap jamaah yang hadir.

Acara dimulai dengan sambutan oleh Direktur Nurani Institute Indonesia, Dr. Hj. Nurhidaya, M.Si, dan dilanjutkan dengan pembacaan do;a serta salawat bersama-sama.

Pada kegiatan ini, Ketua Pengurus Masjid Riyadhul Jannah, Habib Ahmad bin Hamid Al-Aidid juga turut hadir dan memberikan ceramah serta pencerahan bagi para jamaah yang hadir pada acara tersebut.

Setelah pembacaan doa dan salawat, Pembina Nurani Institute Indonesia, Dr. H. Amar Ahmad, M.Si memberikan pengantar dan beberapa materi yang berkaitan dengan Nuzulul quran.

Selain itu, tim NUI juga telah menyiapkan doorprize untuk para jamaah yang berhasil menyimak dan menjawab pertanyaan  berdasarkan materi yang telah disampaikan oleh bapak pembina.

Selain membagikan santuanan untuk para anak yatim dan dhuafa, Nurani Institute Indonesia juga sekaligus membagikan makanan berbuka puasa untuk para jamaah yang hadir.

Semoga dengan dilaksanakannya acara ini, kita semua dapat merasakan hikmah Ramadan dan terus salinng berlomba-lomba dalam melakukan kebaikan. Ujar Direktur Nurani Institute Indonesia, Dr. Hj. Nurhidaya, disela sela acara.

Terpopuler