Mobile ramadhan detail topline

Edit
IDR 0
mobile_ramadhan_detail_topline

Darah Haid Keluar Jelang Buka Puasa? Ini Kata Mufti Mesir 

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Nashih Nashrullah

 Senin 03 May 2021 05:22 WIB

Orang yang sedang haid tidak boleh berpuasa Ramadhan. Ilustrasi Muslimah Foto: Pixabay Orang yang sedang haid tidak boleh berpuasa Ramadhan. Ilustrasi Muslimah

Orang yang sedang haid tidak boleh berpuasa Ramadhan

Mobile ramadhan detail 1

Edit
IDR 0
mobile_ramadhan_detail_1

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Mufti Agung Mesir, Syekh Prof Syauqi Al Allam, menjelaskan beberapa hal tentang ibadah di bulan suci Ramadhan dan kaitannya dengan persoalan khusus yang sering dihadapi perempuan dan membingungkan mereka, salah satunya adalah soal haid.

Syekh Allam mengawali penjelasanya dengan menyampaikan bahwa perempuan sebetulnya cenderung memiliki keunggulan dalam mencari tahu aturan syariat sampai kemudian meminta fatwa. 

Menurutnya, ini tentu menunjukkan keinginan mereka untuk beragama dengan benar dan disiplin secara maksimal. Pertama, terkait apakah seorang perempuan harus membatalkan puasanya jika datang haid pada waktu-waktu terakhir menjelang waktu maghrib? 

Baca Juga

Syekh Allam menyampaikan, perempuan tersebut harus membatalkan puasanya jika datang haid, sekalipun di saat-saat terakhir menjelang waktu buka puasa atau maghrib. Dia juga mengingatkan, membatalkan puasa bagi perempuan yang dalam keadaan seperti demikian harus dilakukan secara sembunyi agar tidak melukai perasaan orang-orang yang berpuasa. 

Begitu pun orang yang berpuasa tidak boleh mudah menghakimi orang yang tidak puasa karena mungkin saja ada alasan syar'i di balik itu. 

Baca juga : Tiga Makna Lailatul Qadar

Kedua, apabila mendapat kondisi suci dari haid pada waktu sahur sebelum fajar dan pada waktu tersebut tidak memungkinkan untuk mandi, apakah harus tetap puasa? 

Syekh Allam menerangkan, seorang perempuan wajib berpuasa jika darah haidnya berhenti sebelum waktu subuh. Dalam kondisi ini, dia harus berniat untuk berpuasa sebelum waktu subuh dan mengakhirkan waktu mandinya, yaitu setelah fajar.

Sumber: masrawy 

 

 

Berita Lainnya

Play Podcast X