Pengertian Itikaf Menurut Bahasa Arab

Rep: Ali Yusuf/ Red: Muhammad Hafil

Rabu 05 May 2021 18:01 WIB

Pengertian Itikaf Menurut Bahasa Arab. Foto: Ilustrasi Itikaf Foto: Antara/Wahyu Putro A Pengertian Itikaf Menurut Bahasa Arab. Foto: Ilustrasi Itikaf

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Ketika sampai pada 10 malam terakhir Ramadhan umat Islam direkomendasikan untuk mencari malam Lailatul Qadar dengan cara itikaf. Hal ini seperti yang diungkapkan oleh Abu Hurairah jika Rasulullah SAW biasa beritikaf pada setiap bulan Ramadhan selama 10 hari dan pada akhir hayat beliau melakukannya selama 20 hari.

Kemudian Apa yang dimaksud dengan Itikaf? Candra Nila Murti Dewojati dalama bukunya "Strategi Jitu Meraih Lailatul Qadar" menuliskan, menurut bahasa Arab Itikaf berarti merutinkan menjaga sesuatu, atau bisa berarti menetap di atas sesuatu atau dalam melakukan sesuatu.

Baca Juga

"Sehingga menyebabkan seseorang atau dirinya berdiam diri di masjid mengerjakan ibadah yang di dalamnya disebut letak "mutakifun atau afikun".

Hal ini bisa dilihat dalam shahih fiqih Sunnah. Itikaf memang harus dilakukan di masjid, hal ini karena ada salah satu ayat yang menyatakan"....tetapi janganlah kamu mencampuri mereka itu, sedangkan kamu beritikaf di dalam masjid.. (Baqarah ayat 187).