Rabu 05 May 2021 15:49 WIB

Wow! Ibu Ini Melahirkan Sembilan Bayi Kembar

Dokter di Mali sebelumnya hanya mendeteksi tujuh bayi di dalam rahim sang ibu.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Teguh Firmansyah
Ilustrasi melahirkan.
Foto: pixabay
Ilustrasi melahirkan.

REPUBLIKA.CO.ID, BAMAKO -- Kementerian Kesehatan di Mali mengatakan, bahwa seorang warganya telah melahirkan sembilan bayi dalam kasus nonuplets. Sebelumnya dokter hanya mendeteksi tujuh bayi di dalam rahim sang ibu.

Menurut pemeriksaan ultrasonografi di Maroko dan Mali, Halima Cisse (25 tahun) bakal melahirkan tujuh bayi. Kehamilan Cisse memang telah mempesona bangsa Afrika barat dan bahkan menarik perhatian pemimpinnya.

Baca Juga

Pemimpin transisi negara, Bah Ndaw pun memerintahkan Cisse agar dikirim ke Maroko ketika dokter mengatakan, Cisse membutuhkan perawatan spesialis.

Akhirnya dia pun melahirkan secara caesar. Lima bayi perempuan dan empat bayi laki-laki lahir. "Ibu dan bayinya sejauh ini baik-baik saja," kata Menteri Kesehatan Mali, Fanta Siby dikutip laman The Guardian, Rabu (5/5).

Menkes mengatakan, bahwa dia telah diberitahu oleh dokter Mali yang menemani Cisse ke Maroko. "Mereka akan kembali ke rumah dalam waktu beberapa minggu," tuturnya.

Namun, juru bicara kementerian kesehatan Maroko Rachid Koudhari mengatakan dia tidak mengetahui bahwa kelahiran kembar itu terjadi di salah satu rumah sakit negara itu. Menurut keterangan persen setempat, para dokter mengkhawatirkan kesehatan Cisse, serta kemungkinan bayinya untuk bertahan hidup.

Nonuplets merupakan kondisi yang sangat jarang terjadi pada ibu hamil. Komplikasi medis pada kelahiran ganda semacam ini seringkali menyebabkan beberapa bayi tidak dapat bertahan hidup.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement