Kamis 06 May 2021 06:36 WIB

Masya Allah, Ibu Muda dari Mali Lahirkan Sembilan Bayi

Dokter tidak menyadari ada dua bayi lagi.

Rep: Uji Sukma Medianti/ Red: Ani Nursalikah
Masya Allah, Ibu Muda dari Mali Lahirkan Sembilan Bayi
Foto: www.freepik.com
Masya Allah, Ibu Muda dari Mali Lahirkan Sembilan Bayi

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA -- Seorang wanita muda di Mali menjadi fenomena dalam satu hari lantaran melahirkan dengan selamat sembilan bayi sekaligus di sebuah rumah sakit di Maroko, Selasa (4/5).

Halima Cisse (25 tahun) dari negara Afrika Barat menulis namanya dalam sejarah sebagai ibu dari lima perempuan dan empat laki-laki.  “Dia serta bayinya semuanya baik-baik saja," kata pernyataan tertulis dari Kementerian Kesehatan Mali. 

Baca Juga

Menurut evaluasi dokter di Mali dan Maroko, Cisse awalnya diharapkan memiliki septuplet (kembar tujuh). Namun, ia justru melahirkan melalui operasi caesar untuk nonuplet (kembar sembilan).

Kelahiran ini mengejutkan para dokter yang tidak memperhatikan dua saudara kandung lainnya selama ultrasound. Setelah menjalani perawatan medis selama dua pekan di sebuah rumah sakit di ibu kota Mali, Bamako, para dokter meminta perawatan spesialis untuk kasus Cisse yang langka.

Atas instruksi presiden sementara pemerintahan transisi Mali Bah Ndaw, pihak berwenang menerbangkannya ke Maroko, tempat dia dirawat di sebuah klinik. Nonuplet sangat jarang ditemukan dalam praktik medis dan terkadang beberapa bayi baru lahir mungkin tidak dapat bertahan hidup.

https://www.aa.com.tr/en/africa/mali-woman-gives-rare-birth-to-9-babies/2229731

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement