Kamis 06 May 2021 15:06 WIB

China Tunda Dialog Ekonomi dengan Australia

Australia menilai keputusan Beijing mengecewakan.

Rep: Lintar Satria/ Red: Teguh Firmansyah
Infografis warga Australia semakin tidak percaya pada China
Foto: Republika
Infografis warga Australia semakin tidak percaya pada China

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- China mengumumkan akan menunda dialog ekonomi dengan Australia. Langkah ini dilakukan saat hubungan kedua negara kian memburuk sejak Australia mendesak penyelidikan internasional independen asal mula virus Corona yang pertama kali terdeteksi di China.

"Baru-baru ini sejumlah pejabat Pemerintah Persemakmuran Australia meluncurkan serangkaian langkah untuk mengganggu pertukaran dan kerja sama antara China dan Australia dengan kerangka berpikir Perang Dingin dan ideologi diskriminatif," kata Komite Reformasi dan Pembangunan Nasional China, dalam pernyataannya seperti dikutip Deutsche Welle, Kamis (6/5).

Baca Juga

Dalam pernyataan tersebut, China yang menjadi mitra dagang terbesar Australia mengatakan akan 'menunda sampai waktu yang belum ditentukan semua aktivitas berdasarkan kerangka' kerja sama. Australia sudah menanggapi keputusan Cina ini.

Menteri Perdagangan Australia Dan Tehan menggambarkan keputusan Beijing 'mengecewakan'. Namun ia menegaskan Canberra masih terbuka untuk menggelar pertemuan walaupun hibungan kedua negara kembali memburuk.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement