Kamis 06 May 2021 15:52 WIB

Diet Mediterania Bisa Bantu Cegah Demensia

Diet Mediterania dikenal sebagai salah satu pengaturan pola makan yang terbaik.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Diet Mediterania dikenal sebagai salah satu pengaturan pola makan yang terbaik.
Foto: Flickr
Diet Mediterania dikenal sebagai salah satu pengaturan pola makan yang terbaik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Diet Mediterania dikenal sebagai salah satu pengaturan pola makan yang terbaik dan menyehatkan. Diet Mediterania bahkan dapat membantu menurunkan risiko demensia.

Manfaat diet Mediterania dalam menurunkan risiko demensia diungkapkan melalui studi dalam jurnal Neurology. Studi ini melibatkan 343 orang yang memiliki risiko tinggi terhadap penyakit Alzheimer.

Baca Juga

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), penyakit Alzheimer merupakan bentuk demensia yang paling umum. Penyakit Alzheimer diperkirakan berkontribusi terhadap sekitar 60-70 persen kasus demensia.

Selama studi berlangsung, tim peneliti melakukan tes kemampuan kognitif pada para partisipan. Mereka juga melakukan pemindaian otak untuk mengukur volume otak para partisipan.

Tim peneliti juga melakukan pengetesan untuk biomarker protein tau dan amiloid melalui cairan tulang belakang (spinal fluid) yang diambil dari 226 partisipan. Di samping itu, peneliti juga menilai kepatuhan para partisipan dalam menjalani diet Mediterania.

Partisipan yang tak menjalani diet Mediterania cenderung menunjukkan tanda penumpukan amiloid dan tau di cairan tulang belakang yang lebih besar dibandingkan partisipan yang patuh terhadap diet Mediterania. Penumpukan dari amiloid dan tau merupakan penanda dari penyakit Alzheimer.

Berdasarkan temuan ini, tim peneliti menyimpulkan bahwa diet Mediterania dapat menurunkan risiko demensia. Penurunan risiko ini dapat terjadi karena diet Mediterania menginterevensi penumpukan amiloid dan tau.

"Hasil ini menambah banyaknya bukti yag menunjukkan bahwa apa yang Anda makan dapat mempengaruhi kemampuan daya ingat Anda nanti," jelas peneliti Tommaso Ballarini dari German Center for Neurodegenerative Disease, seperti dilansir CNN, Kamis (6/5).

Hal senada juga diungkapkan oleh Direktur Alzheimer's Prevention Clinic di Weill Cornell Medicine dan NewYork-Presbyterian Hospital Dr Richard Isaacson. Menurut Dr Richard, temuan ini semakin memperkuat anggapan bahwa "Anda adalah apa yang Anda makan".

Selain itu, Dr Richard menilai yang menjadi faktor terkuat dari diet Mediterania adalah konsumsi ikan yang rutin. Faktor ini dinilai memainkan peran besar dalam penurunan risiko.

"Dalam studi penting ini, peneliti menunjukkan bahwa merupakan hal yang mungkin untuk tidak hanya memperbaiki fungsi kognitif, khususnya daya ingat, tetapi juga menurunkan risiko dari patologi penyakit Alzheimer," ungkap Dr Richard yang tidak terlibat dalam studi.

Diet Mediterania merupakan pengaturan pola makan yang terinspirasi oleh pola makan tradisional dari orang-orang Mediterania. Diet Mediterania sebenarnya cukup sederhana.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
تِلْكَ الرُّسُلُ فَضَّلْنَا بَعْضَهُمْ عَلٰى بَعْضٍۘ مِنْهُمْ مَّنْ كَلَّمَ اللّٰهُ وَرَفَعَ بَعْضَهُمْ دَرَجٰتٍۗ وَاٰتَيْنَا عِيْسَى ابْنَ مَرْيَمَ الْبَيِّنٰتِ وَاَيَّدْنٰهُ بِرُوْحِ الْقُدُسِۗ وَلَوْ شَاۤءَ اللّٰهُ مَا اقْتَتَلَ الَّذِيْنَ مِنْۢ بَعْدِهِمْ مِّنْۢ بَعْدِ مَا جَاۤءَتْهُمُ الْبَيِّنٰتُ وَلٰكِنِ اخْتَلَفُوْا فَمِنْهُمْ مَّنْ اٰمَنَ وَمِنْهُمْ مَّنْ كَفَرَ ۗوَلَوْ شَاۤءَ اللّٰهُ مَا اقْتَتَلُوْاۗ وَلٰكِنَّ اللّٰهَ يَفْعَلُ مَا يُرِيْدُ ࣖ
Rasul-rasul itu Kami lebihkan sebagian mereka dari sebagian yang lain. Di antara mereka ada yang (langsung) Allah berfirman dengannya dan sebagian lagi ada yang ditinggikan-Nya beberapa derajat. Dan Kami beri Isa putra Maryam beberapa mukjizat dan Kami perkuat dia dengan Rohulkudus. Kalau Allah menghendaki, niscaya orang-orang setelah mereka tidak akan berbunuh-bunuhan, setelah bukti-bukti sampai kepada mereka. Tetapi mereka berselisih, maka ada di antara mereka yang beriman dan ada (pula) yang kafir. Kalau Allah menghendaki, tidaklah mereka berbunuh-bunuhan. Tetapi Allah berbuat menurut kehendak-Nya.

(QS. Al-Baqarah ayat 253)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement