Thursday, 14 Zulqaidah 1442 / 24 June 2021

Thursday, 14 Zulqaidah 1442 / 24 June 2021

Desktop ekonomi detail topline

Edit
IDR 3.500.000
desktop_ekonomi_detail_topline

Turunkan 27 Persen Emisi, Pertamina Raih 6 Penghargaan

Jumat 07 May 2021 08:58 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Pertamina menerima penghargaan emisi korporasi.

Pertamina menerima penghargaan emisi korporasi.

Foto: Pertamina
Pertamina mencapai penurunan emisi sebanyak 27,08 persen, lebih tinggi dari target.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Pertamina (Persero) mempertegas komitmennya dalam penerapan Environment, Social & Governance (ESG) dan Sustainable Development Goals (SDG's) 13 climate change. Pertamina mendukung program pemerintah menurunkan emisi gas rumah kaca (GRK) yang menyebabkan pemanasan global.

Sesuai baseline yang ditetapkan untuk 10 tahun dari 2010 hingga 2020, Pertamina Group telah mencapai penurunan emisi sebanyak 27,08 persen. Angka ini melampaui target sebesar 26 persen pada tahun tersebut.

Realisasi penurunan emisi GRK tersebut dicapai Pertamina melalui langkah-langkah pengurangan emisi kegiatan operasi dan produksi. Di dalamnya termasuk inisiatif memanfaatkan gas suar dan Program Langit Biru yang mendorong masyarakat menggunakan bahan bakar rendah emisi karbon.

Berdasarkan capaian dan upaya berkelanjutan tersebut, Pertamina Group mendapatkan 6 Penghargaan Emisi Korporasi 2021. Perseroan meraih Kategori Green Elite untuk Penurunan Emisi Korporasi Sektor BUMN Non Perbankan dan Kategori Gold Plus untuk Transparansi Perhitungan Emisi Korporasi Sektor BUMN Non Perbankan.

Desktop ekonomi detail text

Edit
IDR 0
desktop_ekonomi_detail_text

Adapun 4 penghargaan lainnya diterima PGN yakni Penurunan Emisi Korporasi Sektor Emiten Non Perbankan Kategori Green Elite, Penurunan Emisi Korporasi Sektor BUMN Non Perbankan Kategori Green Elite. Kemudian, Transparansi Perhitungan Emisi Korporasi Sektor Emiten Non Perbankan Kategori Silver Plus dan Transparansi Perhitungan Emisi Korporasi Sektor BUMN Non Perbankan Kategori Platinum Plus.

Penganugrahan Emisi Korporasi 2021 diselenggarakan secara virtual, (29/4)oleh Majalah Investor dan Berita Satu Media Holding bekerja sama dengan PT Bumi Global Karbon (BGK.

“Perusahaan yang bisa menurunkan emisi karbon secara berkelanjutan patut diberikan apresiasi karena sudah berkontribusi menyelamatkan bumi,” kata Direktur Pemberitaan Berita Satu Media Holdings (BSMH), Primus Dorimulu.   

Menurutnya, penurunan emisi akan berdampak positif terhadap perubahan iklim. Di sisi lain, mengurangi emisi gas rumah kaca juga bisa menciptakan pertumbuhan ekonomi berkualitas.

Primus menjelaskan, penghargaan diberikan dalam delapan gelar, yaitu Platinum Plus, Platinum, Gold Plus, Gold, Silver Plus, dan Silver untuk perusahaan yang melakukan transparansi pengungkapan perhitungan emisi. Selain itu, penghargaan dengan gelar Green Elite dan Green diberikan untuk perusahaan yang mengungkapkan adanya penurunan emisi yang mereka capai di tahun 2019.

“Perhitungan dan penurunan emisi tersebut berdasarkan data yang tertera pada laporan keberlanjutan 2019, yang terbit pada tahun 2020 serta tersedia di website official masing-masing perusahaan. Assurance untuk perhitungan emisi tersebut juga menjadi kriteria untuk dipertimbangkan dalam penilaian,” katanya.  

Pjs SVP Corporate Communication & Investor Relation Pertamina mengatakan Pertamina menyambut positif penghargaan ini. Dia mengatakan perusahaan akan terus mengintensifkan langkah-langkah penurunan emisi untuk mendukung target pemerintah sebesar 29 persen pada tahun 2030.

“Penghargaan Emisi Korporasi 2021 menjadi bukti bahwa upaya yang dilakukan Pertamina untuk mereduksi emisi diakui stakeholder dan akan menjadi motivasi dalam mengejar target yang lebih besar,” tandas Fajriyah.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

Desktop ekonomi detail berita terkait

Edit
IDR 0
desktop_ekonomi_detail_berita_terkait
 

BERITA LAINNYA

 

Desktop ekonomi detail right 1

Edit
IDR 4.500.000
desktop_ekonomi_detail_right_1
 
 

Desktop ekonomi detail right 2

Edit
IDR 4.000.000
desktop_ekonomi_detail_right_2
 

Desktop ekonomi detail right 3

Edit
IDR 3.500.000
desktop_ekonomi_detail_right_3
 

Desktop ekonomi detail right 3

Edit
IDR 3.500.000
desktop_ekonomi_detail_right_3

Desktop ekonomi detail right 4

Edit
IDR 3.000.000
desktop_ekonomi_detail_right_4

Desktop ekonomi detail bottom Frame

Edit
IDR 6.500.000
desktop_ekonomi_detail_bottom_Frame