Kamis 13 May 2021 08:28 WIB

Menjelajahi Surga Kuliner Halal di Xi'an China

Jalan Muslim atau dikenal sebagai Xi'an Muslim Quarter merupakan surga kuliner halal.

Red: Nidia Zuraya
Kota Xian
Foto:

2. Ba Bao Zhou

Ba Bao Zhou ini semacam bubur kalau di Indonesia. Hanya saja, bubur ini disajikan dengan rasa asam manis karena memang bahan dasarnya yang berupa bunga bakung, beras ketan, kacang tanah, biji teratai, kurma merah, kuaci, kismis dan potongan hawthorn.

"Rempah-rempahnya banyak, dan aroma bunga bakung itu menyegarkan sekali," ujar Chen.

Hal yang membuatnya berbeda dari bubur lain adalah penggunaan delapan bahan bergizi tinggi sehingga dapat menjaga imunitas tubuh dan bermanfaat bagi kecantikan. Kalau hujan-hujan enaknya makan bakso, maka di saat musim panas, Ba Bao Zhou dengan es batu menjadi pilihan yang menyejukkan. Semangkuk Ba Bao Zhou dipatok dengan harga 9 Yuan atau Rp 18.000.

3. Dancai Jiamo dan Laniurou Jiamo

Dancai Jiamo dan Laniurou Jiamo dengan beraneka ragam isian juga sangat direkomendasi untuk untuk dinikmati. Isian itu, misalnya daging sapi yang diasinkan, saus cabai, minyak cabai, telur bebek asin, telur goreng, acar mawar, kacang tanah dan kuaci.

Meskipun sama-sama berbahan roti, makanan ini berbeda dengan burger karena rotinya lebih kenyal, dan dagingnya juga tebal-tebal, empuk dan berair, tapi tidak berminyak. Kata lezat, sangat tepat untuk menggambarkan cita rasa masakan ini.

"Ini adalah salah satu kuliner khas Xi'an yang wajib dicicipi kalau Anda bermain ke Jalan Muslim. Pas dicoba, karena enak sekali," kata seorang bu penjual Dancai Jiamo.

Selain itu, kata dia, makanan ini sangat cocok jika ditambah dengan secangkir sup plum asam. Harga Dancai Jiamo dan Laniurou Jiamo sekitar 15 Yuan atau Rp 30.000, bergantung dengan makanan pendampingnya.

Keistimewaan Jalan Muslim bukan hanya sebatas cita rasa dari ragam kulinernya, tetapi kebudayaannya juga menjadi daya tarik tersendiri. Gang Huajue adalah tempat untuk membeli cenderamata yang khas, misalnya gantungan kunci patung pasukan terakota, gelas bambu yang diukir, sulaman dengan motif pemandangan China, baju serta kain khas China.

Tak jauh dari Jalan Muslim, terdapat masjid raya yang berpadukan arsitektur China dengan Arab. Setiap tahun ketika dirayakan Hari Raya Idul Fitri di Masjid Agung Muslim Quarter pun menjadi lebih meriah. 

Singkatnya, jika Anda ingin menjelajahi misteri Tembok Besar, pergilah ke Beijing, namun jika Anda ingin menjelajahi budaya Muslim dan makanan halal serta khas, Anda pantas berkunjung ke Kota Xi'an dan jangan lewatkan Jalan Muslim sebagai surga kuliner halal dan murah.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement