Ahad 09 May 2021 22:06 WIB

Pedagang Kulit Ketupat Mulai Penuhi Pasar Senen

Kulit ketupat dijual dengan harga yang cukup beragam.

Red: Nora Azizah
Kulit ketupat dijual dengan harga yang cukup beragam.
Foto: Antara/M Risyal Hidayat
Kulit ketupat dijual dengan harga yang cukup beragam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah yang tinggal menghitung hari, penjual anyaman ketupat Lebaran sudah mulai terlihat menjajakan dagangannya, khususnya di kawasan parkir Pasar Senen Jaya Blok III, Jakarta Pusat. Salah satu pedagang ketupat, Rizky (25) mengaku baru saja datang dari kampung halamannya di Leuwiliang, Bogor, Ahad (9/5) pagi untuk berdagang ketupat Lebaran.

"Iya baru sampai tadi pagi dari Bogor, sama teman-teman dan ibu saya untuk dagang ketupat di sini," kata Rizky saat ditemui di halaman parkir Pasar Senen Jaya, Jakarta, Ahad.

Baca Juga

Bersama keempat temannya, Rizky datang menggunakan mobil dengan berikat-ikat daun janur yang belum dianyam. Sedangkan beberapa kulit ketupat yang sudah dianyam dijajakan dengan harga Rp15.000 untuk 10 buah ketupat.

Rizky mengaku berdagang ketupat hanya saat menjelang Lebaran Idul Fitri, sedangkan pada hari-hari biasa, ia berprofesi sebagai pengemudi ojek. Di hari pertama berjualan, ia mengaku memang masih sepi, tidak sampai 20 orang pembeli.