Jumat 14 May 2021 06:44 WIB

Duh, Jakarta Masuk Daftar Kota Paling Rentan di Dunia

Sebanyak 80 persen dari kota-kota berisiko terdapat di India atau China.

Red: Yeyen Rostiyani
Suasana gedung-gedung bertingkat yang diselimuti kabut polusi di Jakarta. (ilustrasi)
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Suasana gedung-gedung bertingkat yang diselimuti kabut polusi di Jakarta. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak 99 dari 100 kota paling rentan berlokasi di Asia. Jakarta ternyata masuk di peringkat atas sebagai kota paling rentan.

Laporan lembaga penilai risiko Verisk Maplecroft ini dimuat the Guardian, Kamis (13/5). Sebanyak 80 persen dari kota-kota itu terdapat di India atau China. 

Lebih dari 400 kota besar dengan populasi total 1,5 miliar jiwa berada dalam risiko tinggi atau ekstrem. Hal ini akibat campuran dari polusi yang mengancam jiwa, kurang pasokan air bersih, gelombang panas, bencana alam, dan kondisi darurat iklim. 

Jakarta diniliai menghadapi polusi, banjir, dan gelombang panas. Ini membuat ibu kota Indonesia ini berada di urutan teratas risiko. 

Namun, India menjadi rumah bagi 13 kota paling berisiko di dunia. Negara itu diperkirakan menghadapi risiko paling kelam dibanding negara manapun.

New Delhi di India ada di posisi kedua dari 576 kota paling berisiko di dunia. Kota berikutnya di India yang masuk urutan 10 teratas adalah Chennai, Agra, dan Kanpur.

Di luar Asia, kota-kota di Timur Tengah dan Afrikat Utara menghadapi ancaman terberat. Mereka menghadapi ancaman dari sederet kriteria risiko. Lima di Peru menjadi satu-satunya kota di luas Asia yang masuk 100 kota paling berisiko di dunia. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement