Jumat 14 May 2021 14:30 WIB

AS Mulai Vaksinasi Remaja Usia 12 Tahun

Regulator AS mengesahkan vaksin Covid-19 dari Pfizer-BioNTech.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Teguh Firmansyah
Produk Vaksin Covid-19 Phzer dan Moderna dari Amerika Serikat
Foto: VOA
Produk Vaksin Covid-19 Phzer dan Moderna dari Amerika Serikat

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Remaja New York, Amerika Serikat (AS), mulai menerima vaksinasi Covid-19, Kamis (13/5). Mereka menyambut gembira pemberian suntikan kepada kelompok muda yang harus kembali ke sekolah.

Thomas dan Brendan Lo bersaudara, serta Sydney Glover, termasuk di antara remaja pertama yang divaksinasi di Cohen Children's Medical Center di Long Island, New York. "Rasanya menyenangkan. Sekarang saya bisa bertemu dengan teman-teman saya dan saya tidak perlu terlalu khawatir tentang tertular Covid. Covid mungkin satu ton lebih buruk daripada mendapatkan vaksin," ujar Thomas berusia 15 tahun.

Baca Juga

Ketika ditanya apa yang akan dia lakukan setelah menerima vaksin, Thomas berkata, "Pertama, saya akan menunggu dosis kedua dan kemudian setelah dua minggu itu saya akan dapat sepenuhnya terlindungi dari Covid. Dan kemudian saya akan pergi jalan-jalan dengan beberapa teman."

Regulator AS mengesahkan vaksin Covid-19 dari Pfizer-BioNTech untuk digunakan pada anak-anak berusia 12 tahun pada awal pekan. Vaksin Covid-19 tersebut yang pertama disetujui di AS untuk usia 12 hingga 15 tahun.

Memvaksinasi usia yang lebih muda dianggap sebagai langkah penting untuk mengembalikan anak-anak ke sekolah dengan aman. Presiden AS Joe Biden telah meminta negara bagian untuk segera menyediakan vaksin bagi remaja yang lebih muda.

Kebanyakan anak dengan Covid-19 hanya mengalami gejala ringan atau tidak menunjukkan gejala sama sekali. Namun, anak-anak bukannya tanpa risiko terdampak sakit parah dan masih bisa menyebarkan virus.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement