Tuesday, 21 Safar 1443 / 28 September 2021

Tuesday, 21 Safar 1443 / 28 September 2021

Dampak Larangan Mudik, Traffic Data Telkomsel Naik 39 Persen

Ahad 16 May 2021 12:33 WIB

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Nidia Zuraya

Logo Telkomsel.

Logo Telkomsel.

Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Selain layanan data, Telkomsel mencatat layanan legacy juga meningkat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Telkomsel mencatat kenaikan trafic data selama momen lebaran Idul Fitri 1442. Larangan mudik yang dikeluarkan pemerintah membuat trafic data ini naik dibandingkan lebaran tahun lalu.

Direktur Network Telkomsel Nugroho menjelaskan selama Idul Fitri 1442 H sejak tanggal 12 hingga tanggal 14 saja tercatat trafic data sebesar 39,7 petabyte (PB) atau tumbuh 39 persen dibandingkan lebaran tahun lalu. Ia mengatakan karena larangan mudik banyak masyarakat yang memanfaatkan teknologi dalam hal ini telefon, pesan daring dan juga vidio call untuk melakuan silahturahmi.

“Mereka  tetap terhubung walau dilakukan secara digital dan virtual melalui dukungan jaringan broadband yang andal dan berteknologi terdepan dari Telkomsel,” ujar Nugroho melalui siaran persnya, Ahad (16/5).

Baca Juga

Selain layanan data, Nugroho mencatat layanan legacy juga meningkat. Pemakaian SMS di Ramadan dan Idulfitri 2021 melesat 33 persen dibandingkan periode tahun sebelumnya. Sedangkan layanan panggilan suara, meningkat 4 persen dibandingkan hari biasa.

Telkomsel juga mencatat sejumlah platform digital dan virtual yang berkontribusi terhadap penggunaan akses layanan data. Layanan VoLTE naik sebesar 12 persen, layanan marketplace video on demand MAXStream Telkomsel meroket 410 persen, dan layanan video conference on demand CloudX Telkomsel sekitar 68 persen dibandingkan hari biasa.

Sejumlah platform digital sebagai penunjang produktivitas untuk bekerja secara virtual dan belajar daring, seperti layanan video communication dan video streaming yang secara total mampu berkontribusi dalam penggunaan data lebih dari 53 persen.  Masing-masing tumbuh sekitar 14 persen dan 22 persen, dibandingkan dengan hari biasa.

Penggunaan layanan mobile gaming, browsing dan  media sosial oleh pelanggan masing-masing tumbuh sekitar 81 persen, 36 persen dan 7 persen selama Ramadhan dan Idul Fitri 2021, dibandingkan dengan hari biasa. Selain itu Telkomsel juga mencatat enam aplikasi berbasis digital yang paling banyak diakses pelanggan antara lain Youtube, Facebook, Whatsapp, Instagram, Tiktok dan Mobile Legends.

Sepanjang  Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini, secara berurut untuk lima wilayah operasional Telkomsel yang mengalami kenaikan penggunaan layanan data dibandingkan momentum tahun sebelumnya.  Didominasi oleh Sumatra naik 13 persen, Jawa Timur (12 persen) dan Jawa Tengah (11 persen) dibandingkan  hari biasa.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA