Senin 17 May 2021 20:35 WIB

Dua Juta Orang Keluar-Masuk Jakarta Saat Pelarangan Mudik

Orang yang masuk Jakarta mayoritas menggunakan kendaraan pribadi

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Pengendara melintas di dekat spanduk peringatan untuk pemudik di kawasan Tegal Parang, Jakarta, Senin (17/5). Spanduk tersebut untuk memperingati warga yang kembali dari kampung halaman agar membawa surat bebas COVID-19. Republika/Putra M. Akbar
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Pengendara melintas di dekat spanduk peringatan untuk pemudik di kawasan Tegal Parang, Jakarta, Senin (17/5). Spanduk tersebut untuk memperingati warga yang kembali dari kampung halaman agar membawa surat bebas COVID-19. Republika/Putra M. Akbar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Sekitar dua juta orang keluar-masuk Jakarta saat periode pelarangan mudik Lebaran 2021 pada 6 Mei-15 Mei 2021. Data ini diungkapkan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria.

"Dari data yang ada, ada 2,2 juta orang masuk Jakarta dan yang keluar sekitar 2,6 juta untuk tanggal 6 sampai 15 Mei," kata Riza di Balai Kota Jakarta, Senin.

Baca Juga

Riza mengatakan demi meredam penularan Covid-19 dari pergerakan orang dalam jumlah besar, Pemprov DKI telah menerapkan sejumlah kebijakan selama periode larangan mudik. Kebijakan itu seperti menutup tempat wisata, seperti Ragunan, TMII, dan Ancol.

"Kita berdoa berusaha terus agar masa libur Idulfitri ini tidak menimbulkan peningkatan atau lonjakan Covid di Jakarta," katanya.

Berdasarkan informasi yang ada, sebanyak 2.607.688 orang yang keluar dari Jakarta itu menggunakan kendaraan pribadi dan 555 orang memakai layanan bus AKAP. Orang yang masuk Jakarta juga mayoritas menggunakan kendaraan pribadi yakni 2.244.096 orang dan 174 orang menggunakan bus AKAP.

Jumlah kendaraan yang keluar dari Jakarta tercatat 1.730.463 kendaraan. Dari data itu, 714.916 kendaraan keluar dari Jakarta melalui jalan tol dan 1.015.547 kendaraan melalui jalan arteri.

Untuk jumlah kendaraan yang masuk Jakarta total ada 1.513.267. Sebanyak 679.152 kendaraan masuk Jakarta melalui jalan tol dan 834.115 kendaraan masuk melalui jalan arteri.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اِذْ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيْسٰٓى اِنِّيْ مُتَوَفِّيْكَ وَرَافِعُكَ اِلَيَّ وَمُطَهِّرُكَ مِنَ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا وَجَاعِلُ الَّذِيْنَ اتَّبَعُوْكَ فَوْقَ الَّذِيْنَ كَفَرُوْٓا اِلٰى يَوْمِ الْقِيٰمَةِ ۚ ثُمَّ اِلَيَّ مَرْجِعُكُمْ فَاَحْكُمُ بَيْنَكُمْ فِيْمَا كُنْتُمْ فِيْهِ تَخْتَلِفُوْنَ
(Ingatlah), ketika Allah berfirman, “Wahai Isa! Aku mengambilmu dan mengangkatmu kepada-Ku, serta menyucikanmu dari orang-orang yang kafir, dan menjadikan orang-orang yang mengikutimu di atas orang-orang yang kafir hingga hari Kiamat. Kemudian kepada-Ku engkau kembali, lalu Aku beri keputusan tentang apa yang kamu perselisihkan.”

(QS. Ali 'Imran ayat 55)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement