Selasa 18 May 2021 00:02 WIB

Bobolnya Iron Dome Israel oleh Roket-Roket Palestina

Iron Dome menjadi juru selamat rakyat Israel namun dapat ditembus roket Palestina

Rep: Anadolu/DW/Reuters/ Red: Elba Damhuri
Jejak lintasan asap tampak setelah  sistem pertahanan anti rudal Iron Dome mencegat roket yang ditembakkan dari wilayah Gaza, di Sderot, Israel Selatan, Senin (24/2).
Foto: Ronen Zvulun/REUTERS
Jejak lintasan asap tampak setelah sistem pertahanan anti rudal Iron Dome mencegat roket yang ditembakkan dari wilayah Gaza, di Sderot, Israel Selatan, Senin (24/2).

REPUBLIKA.CO.ID, -- Salah satu hal menakutkan dari kubu Israel atas konflik senjata mereka dengan Palestina saat ini adalah bobolnya Iron Dome (Kubah Besi) kebanggaan Israel. 

Sejak awal konflik pecah lagi pada pekan lalu, para pejuang Hamas sudah menembakkan ribuan rudal atau roket ke wilayah permukiman Israel.

Serangan rudal yang masif itu akhirnya mampu menembus Kubah Besi Israel yang selama ini dijadikan pertahanan utama menangkis serangan-serangan Palestina dan Lebanon.

Iron Dome atau Kubah Besi merupakan sistem pertahanan super-canggih yang dibangun Israel. Biaya pembangunan dan pembelian mesin senjata anti-rudal itu mencapai miliaran dolar Amerika Serikat (AS).