Selasa 18 May 2021 08:08 WIB

3 Destinasi Wisata Asik dan Murah Jalur di Jateng dan Jatim

Indonesia adalah negara yang cukup banyak destinasi wisatanya dengan harga terjangkau

Red: Gita Amanda
Pengunjung berjalan di ring satu kawasan Candi Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Yogyakarta menjadi salah satu destinasi wisata murah di Indonesia.
Foto: Wihdan Hidayat / Republika
Pengunjung berjalan di ring satu kawasan Candi Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Yogyakarta menjadi salah satu destinasi wisata murah di Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, Libur lebaran masih berlangsung, momen ini bisa dimanfaatkan untuk berlibur bersama dengan keluarga yang mungkin sudah lama tidak berjumpa. Tentu saja liburan dengan bersantai dan menghabiskan waktu bersama-sama orang tersayang, bisa menjadi angin segar di tengah penat dan lelah bekerja.

Memang berlibur akan membutuhkan uang yang lumayan, akan tetapi liburan yang asik dan seru tidak harus mahal seperti liburan ke luar negeri atau ke tempat-tempat yang mahal. Bisa kok liburan bersama dengan keluarga dengan harga terjangkau.

Dimana liburan terjangkau? Ya, di Indonesia dong. Seperti diketahui Indonesia adalah negara yang cukup banyak destinasi wisatanya, tinggal pilih saja destinasi wisata mana yang akan kamu datangi.

Tapi, jika masih kebingungan harus berwisata kemana, artikel ini akan memberikan kamu referensi tiga destinasi wisata yang asik tapi murah.

Kota Istimewa Yogyakarta

Yogyakarta memang terkenal dengan bangunan Keraton-nya, dimana keraton ini adalah salah satu destinasi wisata yang murah dan asik. Kota Yogya juga terkenal dengan berbagai macam makanan khas yang enak seperti oseng mercon, gudeg dan bakpia yang bisa kamu rasakan sendiri lezatnya makanan tersebut dengan harga yang bersahabat.

Bahkan tempat wisata di Kota Budaya ini kita bisa menikmatinya dengan harga yang murah bahkan gratis. Keren kan? Kota Yogya juga memiliki tempat wisata yang lengkap. Jika kamu termasuk orang yang suka mempelajari sejarah dan budaya, kamu bisa mengunjungi Candi Prambanan, Keraton Yogyakarta dan Istana Air Taman Sari.

Tapi, untuk kamu yang ingin belanja membeli oleh-oleh, kota ini juga memiliki tempat belanja yang terkenal yaitu Malioboro. Bagi para pecinta alam dan ingin mencari spot foto yang keren, maka kamu bisa mendatangi Pantai Parangkritis, Kebun Binatang Gembira Loka dan Gunung Merapi. Mantap bukan? Bisa dibilang Kota Yogya ini serba ada dan cocok untuk kamu yang ingin bersantai disana.

Untuk menuju Kota Yogya gampang banget, kamu bisa naik pesawat, bis maupun kereta api, masing-masing sarana transportasi tersebut memiliki durasi yang berbeda antarkota dan pemilihan transportasi. Jika kamu memilih untuk menggunakan pesawat dari Jakarta, kamu harus membeli tiket pesawat dikisaran harga Rp 378.600 per orang dengan menggunakan pesawat AirAsia durasi sekitar satu jam-an.

Batu, Malang

Malang dijuluki sebagai Kota Apel yang memiliki banyak tempat wisata yang seru dan asik. Terutama bagi kamu yang belum sama sekali pergi kesana, kamu pasti akan setuju Kota Apel ini adalah kota yang sangat seru untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Di Kota ini kamu bisa menemukan beragam makanan khas yang enak dan juga pemandangan alam yang indah, Kota ini juga memiliki suasana sejuk dan tenang, pokoknya ada banyak tempat wisata deh di sini.

Seperti Jawa Timur Park 1, Baru Night Spectacular dan Eco Green Park. Kamu bisa menikmati tempat wisata ini semuanya, harga tiketnya juga cukup terjangkau. Tidak hanya itu saja, bagi kamu yang menyukai mobil-mobil klasik dan kamu suka berfoto, kamu bisa mengunjungi museum angkut, disana semuanya yang kamu inginkan ada disana.

Biaya yang dibutuhkan untuk berangkat ke Batu sangat beragam dan bisa kamu sesuaikan dengan budget yang ada. Misalnya saja, kamu memilih menggunakan pesawat dari Bandung menuju Kota Malang, harga tiket pesawat untuk yang paling murah dikisaran Rp 2.295.204 per orang. Tapi selain pesawat kamu juga bisa menggunakan kereta untuk harga tiketnya bisa kamu cek di aplikasi Traveloka dan yang lainnya, tentu saja biaya yang dibutuhkan untuk masing-masing jenis transportasi akan berbeda.

Di Kota Malang juga ada beragam kuliner dan juga penginapan yang bisa dinikmati dengan harga yang terjangkau.

Kota Solo

Kota ini seringkali disebut dengan Surakarta, Kota ini berada di tempat yang strategis. Kota Solo banyak dikunjungi pendatang dari berbagai daerah. Kota Solo juga memiliki tempat wisata yang lengkap, mulai dari busana, kuliner dan beragam tempat wisata.

Bagi kamu yang mencari pusat perbelanjaan di Kota Solo, ada yang namanya Pasar Klewer dan disana kamu dijamin betah karena banyak beragam jenis busana batik dan juga dengan harga yang cukup murah.

Untuk kamu yang ingin berkeliling wisata disana, kamu bisa mengunjungi ke Taman Sriwedari, Pandawa Water World Solo Baru dan Museum Manusia Purba Sangiran. Tempat ini bisa kamu kunjungi semuanya di Kota Solo dengan harga tiket masuk yang murah.

Biaya transportasi yang perlu kamu keluarkan bervariasi tergantung sarana transportasi yang kamu pilih. Misalnya saja, kamu memilih melalui jalur udara dari Kota Jakarta. Harga tiket pesawat yang paling murah dikisaran Rp 513.500 per orang dengan menggunakan pesawat Lion Air.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement