Rabu 19 May 2021 10:32 WIB

Orang Asia-Pasifik Jarang Dapat Pemeran Utama di Hollywood

Film populer Hollywood jarang menampilkan orang Asia sebagai pemeran utama.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Film populer Hollywood jarang menampilkan orang Asia sebagai pemeran utama.
Foto: www.freepik.com
Film populer Hollywood jarang menampilkan orang Asia sebagai pemeran utama.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Film populer yang diproduksi Hollywood jarang menampilkan orang-orang Asia dan Kepulauan Pasifik (API) sebagai pemeran utamanya. Itu mengacu pada studi akademis dari Annenberg Inclusion Initiative University of Southern California yang mengkaji keterlibatan orang Asia dan Kepulauan Pasifik dalam film Hollywood antara 2007 hingga 2019.

Studi tersebut dilakukan oleh Annenberg Inclusion Initiative bersama sosiolog Nancy Wang Yuen, dan didanai oleh Amazon Studios serta UTA Foundation. Dalam studinya, peneliti mencatat terdapat sekitar 7,1 persen dari populasi AS teridentifikasi sebagai orang Asia atau Kepulauan Pasifik. Namun dalam 1.300 film berpenghasilan tertinggi selama masa studi, hanya 3,4 persen aktor Asia dan Kepulauan Pasifik yang terlibat dalam film.

Baca Juga

Dari 44 film dengan aktor API sebagai pemeran utamanya, 14 di antaranya dibintangi oleh Dwayne Johnson, mantan pegulat yang dikenal dengan film "Fast & Furious" dan "Jumanji". Ibu Johnson berasal dari pulau Pasifik di Samoa Amerika.

“Enam film menampilkan karakter API wanita sebagai peran utama,” kata studi tersebut seperti dilansir dari Reuters, Rabu (19/5).