Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Maria Alsabina Ningsih Lado

Perpustakaan Online, Memangnya ada?

Curhat | Thursday, 20 May 2021, 16:00 WIB
Salah satu laman dari Aplikasi iPusnas. Foto sumber: iPusnas.id

Siapa yang tak kenal dengan aplikasi perpustakaan online, salah satu satu aplikasi yang sangat dibutuhkan oleh hampir semua pelajar dalam mencari sumber refrensi. Kebutuhan akan sumber bacaan saat ini menjadi hal yang diperlukan oleh banyak orang, mulai dari kalangan muda hingga dewasa.

Perpustakaan dalam satu genggaman

Perpustakaan yang satu ini berbentuk aplikasi digital yang dapat diinstal di HP para penggunanya. Jika kebanyakan orang hanya mengetahui perpustakan itu adalah sebuah gedung yang isinya kumpulan berbagai jenis buku, dan hanya berdiam di suatu tempat. Hal ini justru sedikit berbeda dengan perpustakaan yang satu ini loh!

Aplikasi perpustakaan ini memudahkan kita untuk menemukan berbagai sumber bacaan tanpa perlu ke perpustakaan secara langsung, karena hanya dalam satu genggaman kita bisa memperoleh berbagai jenis buku yang ingin dibaca.

Ragam buku disediakan di aplikasi ini, mulai dari buku fiksi (cerpen, dongeng dll) serta buku non fiksi di berbagai bidang, seperti di bidang komunikasi, kesehatan, ekonomi, politik, seni budaya, dan lainnya. Buku ini dipinjamkan secara gratis tanpa bayaran atau tarif dalam mengaksesnya.

Cara meminjam dan membaca bukunya pun sangat mudah. Setelah menginstal aplikasi iPusnas di smartphone, maka saat itu juga kita dapat meminjam buku dan menambahkan buku bacaan tersebut ke keranjang buku. Namun perlu diingat masa pinjaman buku akan berlaku selama tiga hari. Jika lebih dari tiga hari maka buku tersebut akan kembali di beranda aplikasi.

Aplikasi yang membantu kala mencari sumber literatur di tengah pandemi

Saat ini banyak mahasiswa atau pelajar lainnya yang kesulitan mencari buku atau sumber literatur di tengah pandemi. Namun dengan hadirnya perpustakaan online ini sangat membantu mereka dalam menemukan sumber literasi untuk mengerjakan tugas kuliahnya.

Salah satunya Tasya Kania, seorang mahasiswa yang mengatakan bahwa ia sudah menggunakan aplikasi ini sejak dua tahun yang lalu. Selain Tasya adapula Irlind yang juga telah menggunakan iPusnas sejak sebulan yang lalu, karena dirinya merasa terbantu dengan aplikasi iPusnas dalam mengerjakan tugas di tengah pandemi Covid-19.

Tanggapan para pengguna aplikasi iPusnas

Irlind (Mahasiswa,18)

Aplikasi ini cukup membantu di masa pandemi seperti ini, saat ini kuliah masih dilakukan secara online ada materi kuliah yang kita kurang mengerti, mau bertanya ke dosen via WhatsApp belum tentu dosennya balas, terus kalaupun balas rasanya kita kurang mengerti, jadi aplikasi ini lumayan membantu dalam mengetahui materi kuliah yang kurang kita pahami dan juga bantu menyelesaikan tugas-tugas yang di berikan dosen.

Tasya (Mahasiswa)

Tasya juga mengatakan bahwa dirinya meminjam buku unuk mengerjakan tugas, jika refrensi dari internet dinilainya masih kurang untuk dijadikan sumber literatur. Ia pun mengatakan bahwa dirinya merasa sangat terbantu dengan hadirnya aplikasi iPusnas ini, karena ia biasanya mengerjakan tugas di perpustakaan, namun dengan adanya pandemi Covid-19 ia tidak bisa mengunjungi perpustakaan dan memilih untuk mencari refrensi di aplikasi ini. Menurutnya stock setiap buku di aplikasi ini sedikit, sehingga jika kita ingin membaca atau meminjam harus mengantri lama.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image