REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pandemi mendorong pertumbuhan digital di dunia kesehatan dengan sangat cepat. Para pelaku di industri kesehatan berlomba-lomba menciptakan inovasi untuk menunjang layanan kesehatan seiring dengan meningkatnya kebutuhan akan kemudahan akses dan adanya rasa aman saat mendapatkan layanan kesehatan di rumah sakit atau klinik.
PT Administrasi Medika (AdMedika) salah satu anak usaha dari TelkomGroup yang mengelola lebih dari lima juta peserta program layanan kesehatan baik dari asuransi, korporasi maupun Badan Usaha Milik Negara (BUMN) meluncurkan terobosan baru yaitu electronic card atau eCard sebagai pengganti kartu fisik yang sebelumnya digunakan oleh peserta untuk mendapatkan layanan di fasilitas kesehatan.
Dengan mengusung tagline "A Healthcare in Your Hand”, eCard menjadi salah satu terobosan AdMedika dalam hal digitalisasi untuk peserta layanan AdMedika. Layanan ini juga melengkapi fitur dalam Mobile Application MyAdMedika yang kini dapat digunakan secara total health solution dalam satu genggaman.
Dengan diluncurkannya eCard, diharapkan dapat menekan kemungkinan terjadinya kartu hilang, berpindah tangan atau rusak. Nantinya, peserta AdMedika cukup menunjukkan eCard di rumah sakit pilihan jaringan AdMedika. Peserta juga tidak perlu khawatir dengan keamanan data, karena eCard terintegrasi dengan Dukcapil untuk keabsahan data dan dilengkapi dengan QR Code yang bersifat dinamis untuk mengindari penyalahgunaan atau fraud.
Untuk mengaktifkan eCard, peserta AdMedika terlebih dulu mengunduh aplikasi MyAdMedika untuk Android maupun iOS kemudian melakukan registrasi dengan eKTP lalu mengisi data yang diperlukan, setelah itu eCard dapat digunakan.