Ahad 23 May 2021 12:28 WIB

Tak Hanya Gratis, Transaksi di Mobile Banking ini Berhadiah

Sejak Desember 2020, transaksi digital nasabah bni naik hampir 50 persen dibanding 20

Red: Hiru Muhammad
 Nasabah bertransaksi menggunakan BNI Mobile Banking.
Foto: BNI
Nasabah bertransaksi menggunakan BNI Mobile Banking.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Pandemi merubah kebiasaan orang menjadi semakin digital. Kebutuhan terhadap transaksi digital juga semakin besar, termasuk transaksi perbankan. Kondisi itu tercatat di BNI, dimana transaksi perbankan secara digital meningkat 50 persen. "Jika dilihat transaksi Desember 2020, transaksi digital dari nasabah BNI khususnya di aplikasi BNI Mobile Banking mengalami peningkatan hampir 50 persen dari transaksi Desember 2019," kata Wakil Direktur Utama BNI, Adi Sulistyowati.

Data tersebut, katanya, menunjukkan bahwa masyarakat sudah mulai beralih dalam bertransaksi, yakni dari transaksi secara fisik di outlet menjadi ke channel elektronik atau digital. Dalam hal ini nasabah menggunakan aplikasi BNI Mobile Banking. Tingginya animo pengguna BNI Mobile Banking didorong oleh fitur – fitur terbaru yang diluncurkan untuk melengkapi layanan di dalamnya.

Antara lain seperti Biometric Login, pembukaan rekening secara digital dengan fitur pengenalan wajah atau face recognition, peminjaman dana, pengelolaan tagihan kartu kredit, pengembangan e-wallet, hingga pembayaran dengan  QRIS payment.  BNI Mobile Banking juga memiliki fitur yang favorit di masa pandemi seperti  Mobile Tunai  (pengambilan tunai tanpa kartu) dan Dikado (digital kado) untuk mengirimkan uang ke keluarga di kampung halaman pada hari Raya Idul Fitri kemarin. 

Berbagai inovasi fitur ini mendapatkan apresiasi dari penggunanya tercermin dari meningkatnya rating aplikasi BNI Mobile Banking pada Android GooglePlay Store dari 3,6 di Agustus 2020 menjadi 4,9 di April 2021 dan juga IOS Apple Store menjadi 4.4 pada April 2021.