Ahad 23 May 2021 18:15 WIB

Wamenag Ajak Pemuda Kristen Turut Perkuat Moderasi Beragama

Moderasi beragama penting didukung semua entitas agama termasuk Kristen

Rep: Fuji E Permana/ Red: Nashih Nashrullah
Wakil Menteri Agama, Zainut Tauhid Sa’adi, mengatakan moderasi beragama penting didukung semua entitas agama termasuk Kristen
Foto: dok. Kemenag
Wakil Menteri Agama, Zainut Tauhid Sa’adi, mengatakan moderasi beragama penting didukung semua entitas agama termasuk Kristen

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Wakil Menteri Agama (Wamenag), KH Zainut Tauhid Sa'adi, mengajak pemuda Kristen yang tergabung dalam organisasi Generasi Muda Pembaharu Indonesia (Gempar Indonesia) ikut dalam memperkuat moderasi beragama. 

Menurutnya, penguatan moderasi beragama sangat penting dan relevan dalam merawat kerukunan masyarakat Indonesia. "Penguatan moderasi beragama diperlukan sebagai strategi kebudayaan kita dalam merawat keindonesiaan,” kata Wamenag melalui pesan tertulis yang diterima Republika.co.id, Ahad (23/5)   

Baca Juga

Dia mengatakan, sebagai bangsa yang sangat heterogen, sejak awal para pendiri bangsa sudah berhasil mewariskan satu bentuk kesepakatan dalam berbangsa dan bernegara, yakni Pancasila dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang telah nyata berhasil menyatukan semua kelompok agama, etnis, bahasa, dan budaya.  

Wamenag menegaskan bahwa Indonesia disepakati bukan sebagai negara agama, melainkan juga tidak memisahkan agama dari kehidupan sehari-hari warganya. Nilai-nilai agama dijaga, dipadukan dengan nilai-nilai kearifan dan adat-istiadat lokal. Beberapa hukum agama juga dilembagakan oleh negara. Ritual agama dan budaya berjalin berkelindan dengan rukun dan damai.