Undip Semarang Kukuhkan 21 Guru Besar Sekaligus

Red: Muhammad Fakhruddin

Undip Semarang Kukuhkan 21 Guru Besar Sekaligus (ilustrasi).
Undip Semarang Kukuhkan 21 Guru Besar Sekaligus (ilustrasi). | Foto: Dok Undip

REPUBLIKA.CO.ID,SEMARANG -- Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Jawa Tengah, akan mengukuhkan 21 guru besar sekaligus yang pengusulannya telah disetujui Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi.

Rektor Undip Semarang Yos Johan Utama mengatakan, ke-21 profesor ini sempat tertunda pengukuhan resminya akibat pandemi COVID-19. Ia menjelaskan 21 guru besar ini akan dikukuhkan dalam tujuh tahap yang digelar mulai 25 Mei hingga 10 Juni 2021.

Menurut dia puluhan para guru besar yang akan dikukuhkan tersebut merupakan bentuk keberhasilan program "One Professor One Candidate" (OPOC). "Kami mewajibkan satu profesor membimbing satu calon guru besar," katanya dalam siaran pers di Semarang, Senin (24/5).

Adapun 21 guru besar yang akan dikukuhkan tersebut terdiri dari sembilan profesor dari Fakultas Sains dan Matematika, enam profesor dari Fakultas Ekonomika dan Bisnis, tiga profesor dari Fakultas Peternakan dan Pertaniann serta masing-masing satu profesor dari Fakultas Kedokteran dan Fakultas Psikologi.

Ia menjelaskan Undip telah masuk dalam fase penguatan riset. "Semua lini, termasuk dosen peneliti, didorong untuk berinovasi dengan mengembangkan riset sesuai kepakarannya," katanya.

Undip sebagai universitas riset termasuk dalam jajaran perguruan tinggi terbaik di Indonesia yang telah memberikan kontribusi untuk masyarakat di tengah persoalan dampak pandemi yang perlu disikapi dan diatasi, demikian YosJohan Utama.

sumber : ANTARA
BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id

Terkait


Undip Gelar Pengukuhan 21 Guru Besar Secara Maraton

Hari Pertama UTBK SBMPTN di Undip Berjalan Tertib 

Undip Pastikan Kesiapan Gelar UTBK SBMPTN 2021

Undip Sediakan 50 Persen Kuota Mahasiswa Baru Jalur Mandiri

Wakil Rektor: Undip Masuk 10 Besar PTN pada SNMPTN 2021

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark