Senin 24 May 2021 16:19 WIB

G7 Hampir Capai Kesepakatan Pajak Perusahaan Multinasional

Aturan pajak menyasar perusahaan multinasional seperti Alphabet Inc dan Facebook Inc

Red: Nur Aini
Pajak/ilustrasi
Foto: Pajak.go.id
Pajak/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Negara-negara Kelompok Tujuh (G7) hampir mencapai kesepakatan tentang perpajakan terhadap perusahaan-perusahaan multinasional terbesar dunia. Kesepakatan di antara negara G7 itu bila tercapai dapat membuka jalan bagi kesepakatan global di akhir tahun ini, seperti dikabarkan oleh Financial Times (FT).

Setelah Amerika Serikat setuju untuk menerima tarif minimum minimal 15 persen, Prancis, Jerman, dan Italia mengatakan proposal baru itu merupakan dasar yang baik untuk menyegel kesepakatan internasional pada Juli. Sementara sebuah kesepakatan diantara negara anggota G7 dapat dicapai paling cepat Jumat (28/5) setelah adanya kemajuan yang dibuat di antara para pejabat tinggi dalam beberapa hari terakhir.

Baca Juga

"Dunia kini semakin dekat dengan (kesepakatan) pajak minimum global," kata Penasihat Keamanan Nasional Amerika Serikat Jake Sullivan pada 22 Mei."Senang mendengar sambutan positif atas proposal kami," katanya di Twitter. "Seperti inilah rasanya memimpin dunia untuk mengakhiri balapan ke bawah."

Hampir 140 negara bertujuan untuk mencapai kesepakatan yang luas musim panas ini untuk menyusun ulang aturan pengenaan pajak bagi kelompok perusahaan multinasional dan perusahaan teknologi besar, seperti Alphabet Inc dan Facebook Inc.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
قُلْ مَنْ رَّبُّ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۗ قُلِ اللّٰهُ ۗقُلْ اَفَاتَّخَذْتُمْ مِّنْ دُوْنِهٖٓ اَوْلِيَاۤءَ لَا يَمْلِكُوْنَ لِاَنْفُسِهِمْ نَفْعًا وَّلَا ضَرًّاۗ قُلْ هَلْ يَسْتَوِى الْاَعْمٰى وَالْبَصِيْرُ ەۙ اَمْ هَلْ تَسْتَوِى الظُّلُمٰتُ وَالنُّوْرُ ەۚ اَمْ جَعَلُوْا لِلّٰهِ شُرَكَاۤءَ خَلَقُوْا كَخَلْقِهٖ فَتَشَابَهَ الْخَلْقُ عَلَيْهِمْۗ قُلِ اللّٰهُ خَالِقُ كُلِّ شَيْءٍ وَّهُوَ الْوَاحِدُ الْقَهَّارُ
Katakanlah (Muhammad), “Siapakah Tuhan langit dan bumi?” Katakanlah, “Allah.” Katakanlah, “Pantaskah kamu mengambil pelindung-pelindung selain Allah, padahal mereka tidak kuasa mendatangkan manfaat maupun menolak mudarat bagi dirinya sendiri?” Katakanlah, “Samakah orang yang buta dengan yang dapat melihat? Atau samakah yang gelap dengan yang terang? Apakah mereka menjadikan sekutu-sekutu bagi Allah yang dapat menciptakan seperti ciptaan-Nya sehingga kedua ciptaan itu serupa menurut pandangan mereka?” Katakanlah, “Allah adalah Pencipta segala sesuatu dan Dia Tuhan Yang Maha Esa, Mahaperkasa.”

(QS. Ar-Ra'd ayat 16)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement