Sunday, 19 Safar 1443 / 26 September 2021

Sunday, 19 Safar 1443 / 26 September 2021

NASA Temukan Penjelajah Misterius di Permukaan Mars

Selasa 25 May 2021 00:45 WIB

Rep: Amri Amrullah/ Red: Nora Azizah

NASA menangkap gambar seukuran mobil yang melintas di Mars.

NASA menangkap gambar seukuran mobil yang melintas di Mars.

Foto: Wallpaper Flare
NASA menangkap gambar seukuran mobil yang melintas di Mars.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah foto dari Perseverance, robot pengorbit dan penjelajah permukaan Mars milik NASA, mendapati temuan mengejutkan. NASA baru-baru ini memposting gambar dramatis yang aneh seukuran mobil yang ditangkap oleh satelit Mars Reconnaissance Orbiter saat melintas di atas permukaan Mars pada ketinggian sekitar 180 mil.

Dilansir dari digitaltrends, Senin (24/5), foto itu menunjukkan sebuah kendaraan penjelajah NASA saat mendaki Mont Mercou, bebatuan luas di sisi utara Gunung Sharp dekat pusat kawah. Kendaraan terlihat kecil dan terisolasi di lingkungannya yang terpencil di kawasan permukaan Mars.

NASA Sebenarnya memiliki rover penjelajah permukaan Mars yang dikenal dengan Curiosity. Curiosity telah melakukan serangkaian penelitian ilmiah di Mars selama sembilan tahun terakhir. Itu juga telah mengirimkan pulang beberapa gambar mengesankan dari permukaan Mars, termasuk selfie, panorama, dan gambar awan melayang yang menakjubkan.

Baca Juga

Penjelajah ini bahkan memiliki akun Twitter sendiri dengan lebih dari 4,1 juta pengikut, memungkinkan para penggemar misi Mars yang sedang berlangsung untuk tetap up to date dengan segala sesuatu yang terjadi di planet yang jauh.

Persoalannya, Curiosity terletak lebih dari 2.000 mil dari letak Perseverance, jadi tidak ada kemungkinan dua penjelajah NASA bertemu satu sama lain.

Sementara itu, Perseverance mulai bertugas dan mendarat di Mars pada bulan Februari ini, bertugas menjelajahi planet merah untuk mencari tanda-tanda kehidupan kuno. Itu juga membawa serta Ingenuity, helikopter kecil yang baru-baru ini menjadi pesawat pertama yang mencapai penerbangan bertenaga dan terkontrol di planet lain, dengan lebih banyak penerbangan yang memecahkan rekor dicapai sejak saat itu.

Dua penjelajah Mars NASA juga baru-baru ini bergabung dengan penjelajah China bernama Zhurong, yang meluncur dari pendarat ke permukaan planet merah pada akhir pekan. Zhurong akan menjelajahi lanskap Mars untuk mencari tanda-tanda kehidupan kuno dan juga mempelajari lebih lanjut tentang lingkungan Mars menggunakan berbagai alat ilmiah.

Raksasa Asia itu semakin berambisi dengan misi luar angkasa. Kedatangannya baru-baru ini di Mars menjadikannya hanya negara kedua yang mengerahkan penjelajah di planet ini setelah AS, dan yang ketiga mendaratkan pesawat ruang angkasa di sana, dengan hanya AS dan Rusia yang sebelumnya mencapai prestasi tersebut.

Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA