18 Daerah di Jateng Gelar Sekolah Kader Pengawas

Red: Muhammad Fakhruddin

18 Daerah di Jateng Gelar Sekolah Kader Pengawas (ilustrasi)
18 Daerah di Jateng Gelar Sekolah Kader Pengawas (ilustrasi) | Foto: republika

REPUBLIKA.CO.ID,SEMARANG -- Sebanyak 18 kabupaten/kota di Provinsi Jawa Tengah menggelar Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) 2021 agar pelaksanaan demokrasi di Indonesia semakin baik.

"Pendaftaran SKPP dibuka mulai 24-28 Mei 2021 yangdilakukan secara daring melalui https://skpp.bawaslu.go.id/registrasi. Di dalam link ada daftar daerah yang menyelenggarakan SKPP, termasuk. syarat pendaftar dan ketentuan-ketentuan lain," kata Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antarlembaga Bawaslu Jawa Tengah Anik Sholihatun di Semarang, Selasa.

Sebanyak 18 daerah yang menggelar SKPP2021, yakni Kabupaten Kudus, Demak, Batang, Jepara, Cilacap, Kendal, Sragen, Pati, Blora, Banyumas, Brebes, Magelang, Wonosobo, Purworejo, Klaten, Rembang, Kota Semarang, dan Kota Surakarta.

Ia menjelaskan bahwa syarat usia pendaftar SKPP minimal 20 tahun dan maksimal 30 tahun, pendidikan minimal SMA atau sederajat, diutamakan berpengalaman atau sedang menjadi pengurus organisasi atau komunitas, serta tidak pernah menjadi anggota atau pengurus partai politik.

Selain itu, belum pernah mengikuti SKPPluar jaringan, belum pernah menjadi penyelenggara pemilu/pemilihan adhoc, dan belum pernah atau sedang menjadi staf di lingkungan penyelenggara pemilu.

Selanjutnya, ada syarat tidak pernah dan tidak sedang menjadi tim kampanye atau tim sukses pasangan calon tertentu, mendapatkan izin dari instansi untuk mengikuti program pendidikan sampai selesai bagi yang bekerja, bersedia untuk mengikuti pendidikan sampai selesai, tidak pernah atau sedang terlibat dalam kasus hukum, sehat jasmani, rohani dan bebas dari narkoba, afirmasi pendaftar bagi perempuan, disabilitas, dan kelompok rentan.

Nantinya, SKPP akan dilaksanakan secara langsung atau luring dan berurutan mulai dari tingkat dasar, menengah, dan lanjut, kata dia.

"Sebelumnya, pada tahun-tahun lalu Bawaslu juga sudah menyelenggarakan SKPP, baik yang digelar secara luring maupun secara daring," ujar Anik.

 

sumber : ANTARA
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Terkait


Sang Pengawal Demokrasi

Jamsostek-Bawaslu Sulut Lindungi 11 Ribu Pengawas Pilkada

Bawaslu Solo Siapkan Rekrutment Pengawas Tingkat Kecamatan

Bawaslu: 26 pengawas Pemilu Meninggal Saat Bertugas

Bawaslu Gunung Kidul Perlu Ribuan Pengawas TPS

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark