Kamis 27 May 2021 11:39 WIB

8 Desa di Nunukan Lumpuh Akibat Banjir

Banjir disebabkan meluapnya Sungai Sembakung yang hulunya berada di wilayah Malaysia

Red: Andi Nur Aminah
Warga menyelamatkan barang miliknya saat terjadi banjr (ilustrasi)
Foto: ANTARA/Muhamad Ibnu Chazar
Warga menyelamatkan barang miliknya saat terjadi banjr (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, TANJUNG SELOR -- Delapan desa di Kecamatan Sembakung, Kabupaten Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara lumpuh akibat tergenang air dari luapan Sungai Sembakung. "Banjir kian meluas karena ketinggian air pada Kamis (27/5) sekira pukul 07.30 WITA air sungai mencapai level 4,91 meter, kemarin 4,67 meter," kata Camat Sembakung Zulkifli.

Meluapnya Sungai Sembakung yang kawasan hulu berada di wilayah Malaysia itu menyebabkan jumlah warga terdampak banjir kian meluas. Data warga terdampak banjir hari ini, tercatat 562 kepala keluarga atau 1.985 jiwa. Sedangkan rumah yang terendam 413 rumah.

Baca Juga

Sehari sebelumnya, jumlah warga yang terdampak banjir mencapai 440 kepala keluarga atau 1.568 jiwa. Banjir merendam 328 rumah warga. Dari 10 desa di Sembakung, hanya dua yang bebas banjir sedangkan delapan desa lumpuh, yakni Desa Butas Bagu, Lubuk, Pagar, Tujung (Kampung Lama), Manuk Bungkul, Atap, Lubakan dan Desa Tagul.

Banjir kini melumpuhkan aktivitas warga akibat air merendam tidak hanya rumah penduduk namun fasilitas umum. Banjir juga merendam fasilitas sosial dan fasilitas pemerintah (di antaranya perkantoran, fasilitas kesehatan dan fasilitas pendidikan).