Jumat 28 May 2021 15:47 WIB

Pembangunan Stasiun MRT Thamrin-Monas Capai 16 Persen

Stasiun Thamrin akan mencakup depan Hotel Sari Pan Pasific hingga Kementerian ESDM.

Pekerja menyelesaikan pekerjaan proyek pembangunan MRT Jakarta Fase II di kawasan MH Thamrin, Jakarta, Kamis (27/5/2021). Pembangunan MRT Fase II terbagi menjadi dua tahap yaitu segmen 1 dari Fase 2A rute Bundaran HI - Monas yang akan beroperasi pada April 2025 dan segmen ke-2 dari Fase 2A rute Harmoni -Kota Agustus akan beroperasi pada 2027
Foto: ANTARA/Muhammad Adimaja
Pekerja menyelesaikan pekerjaan proyek pembangunan MRT Jakarta Fase II di kawasan MH Thamrin, Jakarta, Kamis (27/5/2021). Pembangunan MRT Fase II terbagi menjadi dua tahap yaitu segmen 1 dari Fase 2A rute Bundaran HI - Monas yang akan beroperasi pada April 2025 dan segmen ke-2 dari Fase 2A rute Harmoni -Kota Agustus akan beroperasi pada 2027

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pembangunan MRT Jakarta Fase 2A, khususnya untuk Paket CP201 yang mencakup pembangunan dua stasiun, yakni MH Thamrin dan Monas mencapai 16,08 persen per Mei 2021.

Pelaksana Tugas (Plt) Corporate Secretary Division Head PT MRT Jakarta (Perseroda) Ahmad Pratomo menjelaskan perkembangan fisik di Stasiun Thamrin meliputi pembuatan dinding penahan (diaphragm wall) dan pengerjaan "guide wall".

Sementara itu, perkembangan (progres) fisik di Stasiun Monas sudah terlihat adanya penggalian TBM Shaft atau tempat peluncuran mesin bor bawah tanah serta penggalian untuk RSS (receiving sub station) atau gardu listrik untuk MRT.

"Saat ini pengerjaan MRT Fase 2A untuk Paket CP201 Thamrin dan Monas masih 'on the track' dengan 'progres' fisik mencapai 16,08 persen," kata Ahmad Pratomo.

Adapun Stasiun Thamrin sepanjang 440 meter itu nantinya mencakup area depan Hotel Sari Pan Pacific atau persis di bawah JPO sampai depan Gedung Kementerian ESDM.

Stasiun Thamrin akan memiliki 10 akses keluar-masuk bagi penumpang. Sedangkan Stasiun Monas memiliki panjang 280 meter yang meliputi area pintu masuk Monas yang terletak di seberang Patung Kuda, sampai Kementerian Komunikasi dan Informatika di Jalan Medan Merdeka Barat.

Berbeda dengan Stasiun Thamrin, Stasiun Monas hanya memiliki dua akses keluar-masuk bagi penumpang MRT. "Hal itu karena Stasiun Monas terletak di kawasan objek vital negara, seperti Kawasan Monas dan Istana Negara, sehingga akses masuknya dibatasi hanya dua 'entrance'," kata Pratomo.

MRT Jakarta menargetkan pembangunan fisik di area kedua stasiun tersebut mencapai 23 persen di akhir tahun 2021.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement