Masuk Kudus, Seratusan Kendaraan Wisata Diminta Putar Balik

Red: Ratna Puspita

[Ilustrasi] Objek wisata religi Masjid Menara Kudus, Desa Kauman, Kudus, Jawa Tengah.
[Ilustrasi] Objek wisata religi Masjid Menara Kudus, Desa Kauman, Kudus, Jawa Tengah. | Foto: ANTARA/Yusuf Nugroho

REPUBLIKA.CO.ID, KUDUS -- Seratusan kendaraan baik bus maupun minibus pengangkut rombongan wisatawan yang hendak ke Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, berhasil diminta putar balik tim gabungan dari Dinas Perhubungan dan Satlantas Polres setempat. Permintaan putar balik sebagai upaya menekan kasus Covid-19.

"Berdasarkan catatan kami baik bus besar maupun minibus yang berhasil kami minta putar balik sejak tanggal 24-31 Mei 2021 mencapai 100-an kendaraan lebih," kata Kepala Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (Kabid LLAJ) Dinas Perhubungan Kudus Putut Sri Kuncoro di Kudus, Rabu (2/6).

Jika ditambahkan dengan kendaraan pribadi, kata dia, jumlahnya bisa mencapai 150-an kendaraan. Bahkan, jajaran-nya juga ada yang bertugas hingga ke Makam Kadilangu Demak untuk mengingatkan wisatawan yang hendak ke Kudus untuk mengurungkan niatnya karena objek wisata-nya ditutup.

Ternyata, kata dia, tercatat cukup banyak rombongan yang berhasil diberi pengertian sehingga mengurungkan niatnya ke objek wisata religi yang ada di Kudus. Meskipun sudah diumumkan melalui sejumlah pengelola bus wisata di berbagai daerah dan agen travel perjalanan atau jasa wisata, ternyata masih ada yang belum mengetahui bahwa objek wisata religi di Kabupaten Kudus untuk sementara ditutup.

Baca Juga

Untuk itulah, Dinas Perhubungan Kudus perlu bersikap proaktif mendatangi objek wisata religi di Kabupaten Demak karena biasanya setelah dari Demak akan menuju Kudus dan Jawa Timur. Untuk menghalau bus wisata masuk Kota Kudus, Dishub Kudus menyiagakan puluhan personel di enam titik yang terbagi menjadi tiga sif. Di antaranya, di pertigaan Ngembalrejo, Jalan Lingkar Kencing, Sempalan, Tugu Dawe, Menara dan Jetak.

Terkait


Yogyakarta Wacanakan Aturan Baru Pemeriksaan GeNose

WHO Uji Ulang Sampel Covid-19 Pertama di Luar China

AS akan Umumkan Rencana Penjualan 80 Juta Dosis Vaksin Covid

Wiku Minta Pemda di Pulau Jawa Tekan Kasus Positif Covid-19

Turki Wajibkan Karantina 14 hari untuk Bagi 8 negara

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark